Akhir Perjalanan Jiwasraya, Asuransi Jiwa Tertua Indonesia

Rabu, 28 Agustus 2024 - 10:40 WIB
Sejarah panjang asuransi jiwa tertua Indonesia, PT Asuransi Jiwasraya (Persero) akan berakhir dengan likuidasi pascarestrukturisasi. FOTO/Dok.
Foto: wikipedia

Menilik sejarahnya, PT Asuransi Jiwasraya patut menyandang sebutan sebagai perusahaan asuransi jiwa tertua di Indonesia. Berawal dari perusahaan asuransi besutan Belanda yang kemudian dinasionaliasi pemerintah Indonesia, Jiwasraya mengantongi sejarah perjalanan lebih dari seabad.

Adalah Nederlandsch-Indiesche Levensverzekering en Lijfrente Maatschappij atau biasa disingkat menjadi NILLMIJ yang didirikan Belanda pada pada tanggal 31 Desember 1859 yang menjadi cikal bakal Jiwasraya. Perusahaan asuransi jiwa pertama di Hindia Belanda itu kemudian resmi dinasionalisasi oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1960.

Selanjutnya, pada tahun 1961, NILLMIJ digabung dengan delapan perusahaan asuransi jiwa lain yang juga dinasionalisasi oleh pemerintah Indonesia untuk membentuk PN Asuransi Djiwa Eka Sedjahtera. Pada tahun 1965, PN Asuransi Djiwa Eka Sedjahtera dilebur kembali ke dalam PN Asuransi Djiwasraja.

Baca Juga: SINDOscope-Reshuffle di Penghujung Kekuasaan
selanjutnya


Berita Terkini More