Rivalitas Tanpa Batas Ponsel Cerdas

Jum'at, 25 Februari 2022 - 14:29 WIB
Pabrikan ponsel cerdas di dunia terus bersaing melahirkan produk dengan teknologi terkini dan tercanggih. Foto/electronicsb2b
Pasar smartphone secara global diperkirakan terus tumbuh. Tak terkecuali di Indonesia yang dalam beberapa tahun terakhir juga menunjukkan peningkatan. Jumlah pengguna terkerek antara lain ditopang daya beli masyarakat ditambah penetrasi internet yang makin baik.

Lembaga riset pasar Canalys melaporkan pada kuartal pertama 2021, pasar ponsel cerdas secara global tumbuh 27%. Pabrikan Korea Selatan Samsung berada di urutan teratas dengan pangsa pasar 22%. Mereka mencatat pengiriman 76,5 juta ponsel.

Raksasa Amerika Serikat Apple menguasai pangsa pasar 15% dengan pengiriman 52,4 juta unit dan Xiaomi di urutan tiga dengan pangsa pasar 14%.

Sekadar kilas balik setahun selumnya, laporan Global Mobile Market Report 2020 yang diterbitkan Newzoo memperkirakan jumlah pengguna smartphone dunia akan mencapai 3,5 miliar pada 2020. Jumlah tersebut bisa membengkak jadi 4,1 miliar pengguna pada 2023.

Menurut Newzoo, China, India, AS, Indonesia, dan Brasil menjadi negara yang bakal terbanyak mencetak pengguna smartphone. Kendati demikian, pandemi Covid-19 diakui telah sedikit mereduksi jumlah pengguna. Faktar yang memperlambat penetrasi antara lain kebijakan karantina masuk di suatu negara tertentu.
selanjutnya


Berita Terkini More