Optimis di Tengah Berbagai Persoalan Ekonomi

Jum'at, 11 Oktober 2024 - 15:41 WIB
Tantangan Ekonomi Pemerintah Baru
‘’Ada beberapa menteri dari sebuah negara yang taruhan sama sama saya: ‘Your excellency, if you can achieve eight percent growth, sekali saja dalam lima tahun yang akan datang, they are going to buy me a dinner’.’’

Pernyataan yang disampaikan Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto ini mengekspresikan optimisme target pertumbuhan ekonomi yang dia patok dalam periode kepemimpinannya nanti. Berapa targetnya? 8 persen! Angka ini terbilang sangat fantastis mengingat para ekonom, lembaga riset ekonomi, Bank Dunia, dan International Monetery Fund (IMF) memprediksi pertumbuhan ekonomi di sekitar angka 5 persen. Termasuk, prediksi yang disampaikan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

“Tadi Menko Perekonomian menyampaikan bahwa kita optimis bisa mencapai lebih dari lima persen pertumbuhan (ekonomi). Kalau saya, lebih berani lagi, kita harus berani menaruh sasaran yang lebih tinggi, kalau saya optimis kita bisa mencapai delapan persen pertumbuhan (ekonomi),” ujar Prabowo dalam acara peluncuran Geoportal One Map Policy 2.0 dan White Paper OMP Beyond 2024 di St. Regis, Jakarta Selatan, Kamis (18/07), lalu.

Optimisme Menteri Pertahanan itu bukan tanpa alasan. Rasionalisasinya adalah, Indonesia memiliki kekayaan dan potensi untuk mencapai angka pertumbuhan ekonomi tersebut. Namun ada prasyaratnya, yakni pengelolaan kekayaan harus lebih efisien; harus dikelola dengan baik; adanya kebijakan yang masuk akal; dan harus bertekad memitigasi kebocoran, penyelewengan, kebijakan yang tidak menguntungkan kepentingan nasional dan kepentingan rakyat.

Pada acara Mandiri Investment Forum 2024 di Jakarta (05/03), Prabowo sempat menjabarkan visi perekonomian yang kelak akan dilakukan sebagai Presiden. Dikatakan, walaupun menarget pertumbuhan perekonomian, dia mengaku ingin fokus pada pengentasan kemiskinan dengan menciptakan sebanyak-banyaknya lapangan pekerjaan.Prabowo menginginkan dapat mengelola keputusan yang rasional dan efisien.
selanjutnya


Berita Terkini More