Gen Z Rentan Jatuh ke Jurang Kemiskinan

Senin, 07 Oktober 2024 - 16:57 WIB
Gen Z rentan menjadi miskin


Gen Z
belakangan ini menjadi pembicaraan di media sosial secara global. Memang ada apa? Tidak lain karena perilaku borosnya. Mereka begitu mudah mengelurkan uang atau tabungan sebagai solusi atas persoalan yang menderanya. Kondisi seperti tentu akan membuat mereka terancam miskin,lebih miskin dibanding generasi sebelumnya.

Perilaku seperti itu disebut sebagai doom spending. Fenomena doom spending ini, sebagaimana dijelaskan oleh laporan dari Psychology Today, melibatkan perilaku belanja tanpa pertimbangan, sering kali sebagai cara untuk melarikan diri dari stres dan kecemasan terkait kondisi ekonomi yang tidak menentu.



Tulisan jurnalis lifestyle Janet Siroto bertajuk ‘’What is Doom Spending’’ yang dimuat di sofi.com mengilustrasikannya sebagai pengeluaran uang untuk mengatasi stres ketika masa depan tampak tidak pasti atau meresahkan, seperti ketika prospek ekonomi atau politik tampak suram. Untuk mengalihkan perhatian mereka dari kekhawatiran inilah, Gen Z menghabiskan uang untuk makan malam sushi spesial, tiket konser, atau pakaian baru. Apa yang dipikirkan di sini? "Apa yang akan terjadi di masa depan tampak tidak pasti; saya mungkin sebaiknya menikmatinya sekarang."
selanjutnya


Berita Terkini More