Butuh Perubahan Besar Dalam Sistem Pendidikan Dokter

Rabu, 18 September 2024 - 15:15 WIB
Hentikan Kasus Perundungan dalam Sistem Pendidikan Dokter
Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan tujuan yang hendak diwujudkan oleh negara, sebagaimana tertuang dalam pembukaan UUD 1945 alinea keempat. Lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesdia (NKRI) dan pemerintah yang diberi mandat untuk mengelolannya, tentu mempunyai kewajiban untuk mewujudkan amanat tersebut, dengan memberikan pendidikan layak kepada seluruh rakyat.

Pendidikan seperti apa yang ingin dicapai? Filusup Ibnu Sina (980 M-1037 M) pernah memberi petuah bahwa bahwa pendidikan perlu memperhatikan dan mendorong berkembangnya fisik, intelektual, dan budi pekerti peserta didik secara sempurna, atau dengan kata lain terwujudnya insan kamil. Ibnu Arabji mengartikan insan kamil sebagai manusia yang sempurna dari segi wujud dan pengetahuannya. Kesempurnaan dari segi wujudnya ialah karena dia merupakan manifestasi sempurna dari citra Tuhan, yang pada dirinya tercermin nama-nama dan sifat Tuhan secara utuh.



Dalam persepektif ke-Indonesia-an, tujuan pendidikan nasional telah dijabarkan dalam Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). ‘’ Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab.’’

Kalimat tersebut secara jelas menggambarkan bahwa fungsi pendidikan nasional tidak berhenti pada kemampuan akademik semata dengan indikator kemampuan keilmuan, kecakapan, daya kreativitas, dan kemampuan mandiri. Lebih dari itu terkandung tujuan mulia yang akan membentuk watak dan peradaban bangsa, yakni manusia bertakwa, berakhlak, demokratis, dan bertanggung jawab.
selanjutnya


Berita Terkini More