Efektifkah Tanggul Raksasa Jakarta Sampai Gresik ?

Senin, 09 September 2024 - 20:49 WIB
Tanggul laut raksasa Jakarta-Gresik akan segera dibangun
Pembanguan infrastruktur nampaknya masih menjadi fokus pemerintah. Jika di era Presiden Joko Widodo lebih senang membangun jalan dan waduk, lain lagi yang jadi perhatian di era pemerintahan Prabowo Subianto. Salah satu proyek infrastruktur yang akan dikerjakan di era Prabowo adalah membangun tanggul raksasa di Pantai Utara Jawa (Pantura), yang membentang dari Jakarta hingga Gresik di Jawa Timur.

Rencana tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo. Hasim mengatakan mengatakan Prabowo ingin pembangunan proyek ini segera dimulai pada saat memimpin. "Pak Prabowo ingin segera dimulai yaitu Tanggul Laut Raksasa. Tanggul Laut Raksasa pada intinya adalah untuk melindungi Pantai Utara Jakarta," katanya dalam pertemuan APEC Business Advisory Council di Hutan Kota by Plataran, Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, Sabtu (31/8).

Baca Juga : Pemkot Jakut Cari Solusi Kebocoran Tanggul Laut di Muara Baru

Hasim menjelaskan pembangunan tanggul raksasa tersebut sebenarnya sudah direncanakan dan dirancang Bappenas sejak 1994, dirancang oleh Bappenas. Namun, realisasi pembangunan proyek tanggul ratusan kilometer (km) ini tidak ada kemajuan.

Proyek ini bertujuan untuk melindungi kawasan pesisir pantai utara Pulau Jawa yang selama ini rentan terhadap banjir setiap tahunnya. Jika banjir tak bisa diatasi maka akan berpotensi merusak lahan-lahan subur yang ada di Pantura.
selanjutnya


Berita Terkini More