Rencana Pembatasan BBM Disisihkan, Skenario Baru Disiapkan

Selasa, 23 Juli 2024 - 15:24 WIB
Rencana membatasi pembelian BBM bersubsidi akhirnya dibatalkan. Namun, upaya untuk memastikan subsidi BBM tepat sasaran terus berjalan. FOTO/Ilustrasi/Dok.
Isu perubahan kebijakan soal bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi sejatinya sudah cukup lama beredar di tengah masyarakat. Hal itu didasari pernyataan sejumlah pejabat pemerintah yang menyebutkan bahwa tarif listrik dan harga BBM tak akan naik hingga Juni 2024 demi mendukung pemulihan ekonomi masyarakat pascapandemi.

Tak heran jika mendekati akhir Juni 2024, isu tersebut kian santer dibahas, terlebih setelah rupiah melemah. Namun, isu itu kemudiandibantah dan Pemerintah memastikan bahwa harga jenis BBM khusus penugasan (JBKP) seperti Pertalite dan Solar tidak akan berubah.

Tapi, baru saja mereda, muncul isu baru dari pernyataan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. Melalui akun instagram resminya @luhut.pandjaitan, dia mengungkapkan bahwa pemerintah terus mengupayakan efisiensi. Salah satunya, dengan rencana melakukan pembatasan.

"Kita berharap 17 Agustus ini kita sudah bisa mulai di mana orang yang tidak berhak mendapatkan subsidi itu akan bisa kita kurangi," ujar Luhut melalui instagram resminya @luhut.pandjaitan yang dikutip SINDOnews pada Selasa (9/7/2024).

Selain isu pembatasan, Luhut mengungkapkan bahwa pemerintah juga berencana mendorong penggunaan bioetanol guna menekan konsumsi BBM. Hal itu dilakukan untuk mengurangi polusi udara karena BBM yang ada saat ini masih mengandung sulfur yang tinggi yaitu di atas 500 ppm.
selanjutnya


Berita Terkini More