Mobil Hybrid Vs Listrik, Mana Lebih Digdaya?

Senin, 15 Juli 2024 - 16:13 WIB
Tren elektrifikasi tengah terjadi di Indonesia, baik mobil hybrid vs listrik murni. Foto/Masyhudi
Tahun 2024 ternyata mobil hybrid lebih diminati masyarakat Indonesia ketimbang mobil listrik alias Battery Electric vehicle (BEV). Buktinya kwartal pertama tahun ini, penjualan mobil hybrid di Indonesia lebih tinggi dibandingkan penjualan mobil listrik. Data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebutkan penjualan mobil hybrid rakitan lokal sepanjang Januari-April 2024 sebanyak 20.291 unit, hampir dua kali lipat dibanding BEV rakitan lokal yang terjual 11.051 unit.

Tren mobil hybrid ini diperkirakan masih akan terjadi. Lembaga Riset Counterpoint memproyeksikan pasar kendaraan listrik baterai (BEV) mencapai penjualan 10 juta unit pada 2024. Menariknya, kendaraan hybrid justru akan terus meroket dan bahkan mengalahkan mobil listrik. Sementara, mobil bermesin bensin atau ICE terus turun.

Berikut ini analisis Lembaga Riset Counterpoint:

- Pangsa pasar kendaraan bermesin pembakaran internal (ICE) diperkirakan turun di bawah 50% dalam empat tahun ke depan. IKLAN - Dominasi China. China akan tetap mendominasi penjualan BEV global hingga tahun 2027, dengan pangsa pasar lebih dari 50%.

- Pertumbuhan Pasar Eropa dan AS. Mulai 2025, Eropa dan Amerika Serikat akan menjadi pendorong utama pertumbuhan pasar BEV. - BYD Melampaui Tesla. Penjualan BEV BYD diprediksi akan melampaui Tesla pada tahun 2024.
selanjutnya


Berita Terkini More