Standar Ganda Amerika, Kian Nyata Dukung Genosida di Gaza

Senin, 11 Desember 2023 - 15:01 WIB
Standar ganda yang diterapkan Amerika demi membela Israel dikecam dunia. Foto/Ilustrasi/Reuters
Para pemimpin dunia, kelompok hak asasi manusia internasional dan pejabat PBB ramai-ramai mengecam Amerika Serikat (AS) karena telah memveto resolusi PBB yang menyerukan gencatan senjata kemanusiaan di Jalur Gaza.

Kebijakan AS itu membuat upaya dunia untuk menghentikan perang yang telah menewaskan lebih dari 17.400 warga Palestina sejak 7 Oktober itu gagal.

Sebuah resolusi PBB mengenai jeda permusuhan gagal disahkan pada Jumat (8/12) di Dewan Keamanan PBB setelah AS memveto proposal tersebut dan Inggris memilih untuk abstain. Sisanya, 13 dari 15 anggota DK PBB saat ini memberikan suara mendukung resolusi yang diajukan oleh Uni Emirat Arab (UEA) dan disponsori bersama oleh 100 negara lainnya.

Berikut beberapa reaksi dunia internasional yang disitir dari sejumlah media, Minggu (10/12/2023):

Presiden Palestina Mahmoud Abbas mengatakan veto AS membuat negara itu terlibat dalam kejahatan perang di Gaza. "Presiden telah menggambarkan sikap Amerika sebagai tindakan yang agresif dan tidak bermoral, sebuah pelanggaran terang-terangan terhadap semua prinsip dan nilai-nilai kemanusiaan, dan menganggap Amerika Serikat bertanggung jawab atas pertumpahan darah anak-anak, wanita, dan orang lanjut usia Palestina di Jalur Gaza," bunyi pernyataan yang dikeluarkan Kantor Presiden Palestina.
selanjutnya


Berita Terkini More