Sibuk Gerilya Calon RI 2

Rabu, 21 Juni 2023 - 07:07 WIB
Tidak seperti bakal capres yang sudah ditentukan oleh partai koalisi, sosok cawapres yang kemungkinan akan mendampingi Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan belum ditentukan. Foto/Masyhudi


BURSA
kandidat calon wakil presiden 2024 terus menghangat. Sejumlah nama disebut-sebut layak maju ke panggung perebutan kursi RI 2. Nama-nama ini sesungguhnya telah beredar lama karena kerap menghiasi hasil jajak pendapat lembaga survei. Toh, hingga saat ini belum ada kata final.

Nama-nama itu antara lain Sandiaga Salahuddin Uno, Mahfud MD, Ridwan Kamil, Khofifah Indar Parawansa, Erick Thohir hingga Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. Ternyar, muncul pula kans kuat dari Tuan Guru Bajang (TGB) Zainul Majdi yang kini bepredikat Ketua Harian Nasional DPP Partai Perindo.

TGB mengemuka setelah Perindo resmi menjadi bagian koalisi PDIP yang mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. Sebagai sosok nasionalis religious, TGB dinilai pantas untuk mendampingi Ganjar mengarungi palagan pemilihan 2024. Popularitas dan elektabilitasnya juga meyakinkan.

Dari survei Indonesia Political Opinion (IPO), misalnya, nama TGB melesat ke jajaran tiga besar. Untuk sementara, mantan gubernur Nusa Tenggara Barat yang juga seorang hafidz Alquran itu meraupun elektabilitas 8,3% di bawah Erick Thohir dan Mahfud MD.
selanjutnya


Berita Terkini More