Adu Cepat Menuju Panggung 2024

Senin, 25 Juli 2022 - 17:55 WIB
Petugas menata surat suara yang akan didistribusikan pada Pilpres 2019 silam. Jelang kontestasi 2024, partai politik intens bermanuver demi mengamankan tiket menuju pesta demokrasi tersebut. Foto/Sindonews
IBARAT tak mau ketinggalan kereta, para politisi berlari kencang membangun pondasi demi hajatan akbar bernama Pemilihan Presiden 2024. Selain memanaskan mesin partai, komunikasi sana-sini pun dilakukan demi membangun koalisi. Memang, semua manuver masih bersifat cair. Namun setidaknya peta kekuatan samar-samar mulai terlihat.

Sebut saja Koalisi Indonesia Baru atau KIB. Poros baru ini mencuat ketika Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sepakat berada dalam satu barisan. Ketiga ketua umum parpol ini telah bertemu dan secara terbuka menunjukkan gamblang arah politik mereka.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan, Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersifat inklusif. Airlangga mengatakan, baik Golkar, PAN, maupun PPP terbuka dengan partai manapun yang ingin bergabung. Menurut Airlangga, KIB membuka pintu selebar-lebarnya bagi seluruh partai, termasuk partai nonparlemen.

"Semua termasuk. Jadi yang di parlemen maupun non-parlemen terbuka, karena sifatnya inklusif," ujar Airlangga di Jakarta, Senin (13/6/2022). Saat ditanya soal calon presiden yang ingin diusung KIB, Airlangga mengaku belum ingin membahasnya.

Airlangga mengatakan, pada waktunya nanti, KIB pasti akan mengumumkan pasangan calon yang akan diperjuangkannya di Pilpres 2024. "Itu belum dibahas (pengusungan calon Presiden). Nanti dibahas pada waktunya," kata dia. Kendati terkesan masih malu-malu menyebut calon, sejumlah analisis menyebut Airlangga sebagai calon kuat yang akan diusung KIB sebagai capres.
selanjutnya


Berita Terkini More