Ancang-Ancang Sri Mulyani Hadapi Ancaman Resesi

Rabu, 20 Juli 2022 - 17:29 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan bahwa Indonesia terus mewaspadai ancaman resesi yang menghantui banyak negara saat ini. Foto/Ilustrasi/Antara/Nyoman Budhiana
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati secara terbuka mengakui adanya ancaman yang timbul dari gejolak ekonomi di Amerika Serikat (AS).

Dia menyebutkan, secara historis, tekanan inflasi yang tinggi di AS selalu direspons dengan kenaikan suku bunga acuan yang tinggi. Langkah itu kemungkinan juga diikuti dengan kontraksi balance sheet The Fed yang selanjutnya menyebabkan pengetatan likuiditas yang lebih dalam lagi.

"Pengetatan ini akan memicu kondisi ekonomi yang cukup serius di berbagai negara. Bahkan, resesi di AS sekarang sudah makin dibahas atau kemungkinan terjadi resesi AS makin nyata terlihat dari berbagai pandangan," ujarnya dalam konferensi pers APBN KITA di Jakarta, Kamis (23/6/2022).

Menurut dia, hal ini menyebabkan Consumer Confidence Index menurun cukup tajam. Inflasi yang tinggi, pengetatan moneter, dan ancaman resesi di AS menjadi salah satu faktor yang akan sangat mempengaruhi outlook ekonomi dunia.

"Kalau kita melihat quotation dari berbagai survei dan prediksi para ahli, menunjukkan peningkatan risiko resesi AS. Misal dari Bloomberg-US Recession This Year is Now More Not Likely Than Not: Nomura pada 20 Juni 2022," tuturnya.
selanjutnya


Berita Terkini More