Atlet Muda Indonesia Menuju Pentas Olahraga Dunia

Sabtu, 04 Juni 2022 - 23:07 WIB
Atlet Muda Indonesia Menuju Pentas Olahraga Dunia
SEA Games 2021 Hanoi Vietnam menjadi batu loncatan atlet muda Indonesia untuk bertanding di pentas dunia Olimpiade Paris 2024. SEA Games 2021 yang berakhir 23 Mei lalu menempatkan Kontingen Indonesia menembus tiga besar dalam klasemen akhir perolehan medali seperti target Presiden Joko Widodo.

Kontingen Indonesia menembus peringkat tiga besar SEA Games 2021 Hanoi dengan merebut total 241 medali (69 emas, 91 perak, dan 81 perunggu). Peringkat pertama ditempati Vietnam dengan 446 medali (205 emas, 125 perak dan 116 perunggu). Sementara peringkat dua dipegang Thailand setelah mengumpulkan 331 medali (92 emas, 103 perak, 136 perunggu).

Menpora Zainudin Amali merasa bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh atlet yang telah berjuang di lapangan, Duta Besar Indonesia untuk Vietnam, tim CdM, tim review, NOC Indonesia, KONI dan seluruh stakeholder olahraga yang terkait. Dikatakannya, keberhasilan Indonesia masuk tiga besar di SEA Games 2021 Vietnam berkat kerja keras semua pihak, khususnya para atlet.

Ini menjadi bukti bahwa, Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) sudah berjalan di trek yang benar. "Dibandingkan SEA Games Filipina sebelumnya, dari sisi jumlah keberangkatan atlet sudah berbeda. Kalau di Filipina sekitar 800 lebih atlet, SEA Games 2021 Vietnam kali ini, hampir separuh lebih sedikit atlet yang berangkat, tapi Alhamdulilah medali yang kita raih sudah memenuhi harapan dan kita berhasil masuk tiga besar," ujar Menpora Amali dikutip dari laman resmi Kemenpora, Senin (23/5/2022).

Ke depannya, Menpora akan menggunakan cara dan sistem yang sama dalam keberangkatan atlet, bahkan akan lebih ketat lagi. Tahun 2023 sendiri akan ada Asian Games dan SEA Games Kamboja. Target utama Menpora adalah atlet muda Indonesia bisa bersaing di Olimpiade 2024. "Hasil ini menurut saya belum berhasil, karena tantangan kita ke depan jauh lebih berat. Target utama kita adalah Olimpiade, untuk menuju ke sana kita harus mulai dari sekarang perubahan paradigma olahraga Indonesia," ujar Menpora.
selanjutnya


Berita Terkini More