Marhaban Yaa Ramadhan: Pintu Langit Dibuka, Amal Dilipatgandakan

Sabtu, 07 Mei 2022 - 15:07 WIB
Marhaban Yaa Ramadhan: Pintu Langit Dibuka, Amal Dilipatgandakan/Sindonews
Keutamaan bulan Ramadhan telah Allah jelaskan dalam Alquran maupun hadits-hadits Nabi Muhammad SAW . Beruntunglah mereka yang memasuki bulan tersebut mengingat banyaknya fadhillah maupun keutamaannya. Bayangkan setiap amal dilipatgandakan, pintu langit dibuka, setan dibelenggu dan dosa-dosa diampuni.

Ramadan adalah bulan paling utama. Allah mewajibkan puasa di bulan itu atas kaum muslim sebagaimana firman-Nya dalam Surah Al-Baqarah ayat 183: “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Di dalam bulan Ramadhan Allah menurunkan kitab suci-Nya dan menjadikan salah satu malamnya sebagai ‘Lailatul Qadar’ yang lebih baik dari seribu bulan dan seribu bulan lebih banyak dari 83 tahun. Allah berfirman: “Bulan Ramadan yaitu bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). (QS Al-Baqarah: 185).

Dalam Kitab Nashoihud Diniyah (kumpulan nasihat) karya Habib Abdullah bin Alwi Al-Haddad menerangkan keutamaan bulan Ramadhan. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda: “Bulan Ramadhan hingga Ramadan, hari Jumat hingga Jumat dan salat yang satu hingga salat yang lain adalah menghapus dosa-dosa di antara semua itu apabila dosa-dosa besar dijauhi.”

Nabi SAW juga bersabda bahwa Ramadhan adalah bulan kesabaran dan pahala kesabaran adalah surga. Kata Beliau: “Permulaannya adalah rahmat, tengahnya adalah ampunan dan akhirnya adalah pembebasan dari api neraka.”
selanjutnya


Berita Terkini More