Stamina Tetap Terjaga saat Puasa

Rabu, 06 April 2022 - 18:27 WIB
Pola makan yang sehat menjadi salah satu kunci stamina tetap prima saat berpuasa. Foto/everyday health
Sahur adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan saat puasa. Untuk itu makanan sahur tak boleh dilakukan dengan menu yang sembarangan. Supaya puasa Anda berjalan dengan lancar, memang perlu diperhatikan. Ini juga berkaitan dengan keseimbangan tubuh, sehingga nantinya saat berpuasa seharian tidak akan mudah haus atau lemas.

Selain tak hanya memenuhi kebutuhan energi, tetapi juga dapat mencegah dehidrasi. Tanpa sahur, kebutuhan cairan tubuh sulit tercukupi dengan baik. Akibatnya saat berpuasa, Anda akan mengalami dehidrasi, yang ditandai dengan rasa haus berlebih, lemas, kurang konsentrasi, dan bibir kering.

Praktisi gizi Dr. Tirta Prawita Sari, M.Sc, Sp.GK mengatakan saat sahur dianjurkan konsumsi makanan bergizi seimbang. Seperti halnya makan makanan yang mengandung protein, serat, vitamin, dan mineral."Kurangi asupan karbohidrat sederhana seperti sirup dan gula. Hindari pula gorengan, makanan lemak jenuh yang tinggi. Penuhi kebutuhan protein," kata Tirta baru-baru ini.

"Sumber protein terbaik adalah white meat seperti unggas, ikan, dan telur," tambahnya.

Vitamin dan mineral, dijelaskan Tirta bisa didapat dari sayur serta buah-buahan berwarna. Alih-alih makan berlebihan, saat sahur disarankan konsumsi makanan secukupnya dan bergizi seimbang serta hindari gula dan lemak tinggi.
selanjutnya


Berita Terkini More