Perang Rusia-Ukraina, Bagaimana Nasib Stasiun Luar Angkasa?

Rabu, 23 Maret 2022 - 16:22 WIB
Perang Rusia - Ukraina dikhawatirkan akan mengganggu operasional Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS). Foto/Esa.int
Kepala badan antariksa Rusia Roscosmos, Dmitry Rogozin meradang dengan sanksi AS terhadap Rusia. Foto/Reuters

Perang Rusia - Ukraina masih terus berkecamuk. Rusia masih terus berupaya untuk merebut kota-kota di Ukraina. Perang yang makin memanas ini membuat dunia khawatir. Selain ancaman perang nuklir, warga dunia juga resah soal kondisi International Space Station (ISS). Pasalnya selama ini Rusialah yang bertugas menjaga stasiun luar angkasa itu tetap berada di orbitnya.

Sejak perang dimulai, Rusia mengancam untuk menjatuhkan Stasiun Luar Angkasa Internasional tersebut.Stasiun luar angkasa modular yang terletak di orbit rendah bumi itu dilucurkan sejak tahun 1998, yang notabene merupakan hasil kongsi dari NASA (Amerika Serikat), Roscosmos (Rusia), JAXA (Jepang), CSA (Kanada) dan ESA (Uni Eropa).

Kepemilikan dan penggunaan ISS ditetapkan oleh perjanjian dan kesepakatan antar pemerintah. ISS berfungsi sebagai laboratorium penelitian gravitasi mikro dan lingkungan luar angkasa, yang mana penelitian ilmiah ini mencakupi bidang astrobiologi, astronomi, meteorologi, fisika, dan bidang lainnya seperti jaringan Internet dunia.

Belakangan muncul kecemasan dari Roscosmos tentang kelanjutan proyek ISS.Kecemasan Roscosmos dipicu oleh serangkaian sanksi internasional yang kian memberatkan Rusia, dan dipercaya dapat berdampak pada eksistensi ISS, seperti dilansir dari ctvnews.ca.
selanjutnya


Berita Terkini More