Timbul Tenggelam Wacana Tunda Pemilu

Selasa, 08 Maret 2022 - 12:33 WIB
Sempat tenggelam, wacana tunda Pemilu 2024 muncul lagi. Kali ini disuarakan sejumlah ketua umum parpol. Elite politik dan publik pun bereaksi. Ilustrasi/Dok SINDOnews
Wakil Ketua DPR RI dan Ketua Umum DPP PKB A Muhaimin Iskandar. Foto/Dok MPI

Usulan tentang penundaan Pemilu 2024 kembali bergulir. Jika pada Januari 2022 yang menyuarakannya adalah seorang menteri, kali ini giliran sejumlah ketua umum parpol pendukung Joko Widodo (Jokowi).

Diketahui, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia pada 9 Januari 2022 mengatakan kalangan dunia usaha berharap jadwal Pemilu 2024 diundur di tengah masa pemulihan ekonomi. Hal itu diungkapkan Bahlil mengomentari temuan survei mengenai perpanjangan pemerintahan Jokowi hingga 2027.

Apa yang disampaikan Bahlil itu langsung memunculkan kontroversi, namun akhirnya tenggelam seiring waktu. Sempat mengendap, wacana tersebut muncul lagi. Adalah Ketua Umum DPP PKB yang juga Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar yang menyuarakan penundaan Pemilu 2024 sekitar 1-2 tahun. Padahal, pemerintah dan DPR telah menyepakati jadwal Pemilu akan digelar tanggal 14 Februari 2024.

Muhaimin mengatakan, usulan ini muncul setelah dirinya melakukan pertemuan tertutup dengan pelaku UMKM, pebisnis, hingga para analisis ekonomi dari berbagai perbankan. Pertemuan itu dilakukan di Ruang Delegasi DPR RI, Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (23/2/2022).
selanjutnya


Berita Terkini More