Deru Senjata di Tanah Ukraina

Selasa, 01 Agustus 2023 - 10:59 WIB
Dua tentara Ukraina bersiaga penuh untuk membalas serangan Rusia dalam peperangan di negara itu, Sabtu (26/2/2022). Foto/Reuters
Semua bermula dari rivalitas politik dalam negeri. Dua wilayah Ukraina timur yang dikuasasi separatis pro-Rusia, Donetsk dan Luhanks, mendeklarasikan diri sebagai wilayah merdeka. Mereka pun berpesta kala Moskow mengakui kemerdekaan tersebut.

Donetsk dan Luhanks menjadi negara dengan nama Republik Rakyat Donetsk (DPR) dan Republik Rakyat Luhansk (LPR). Pengakuan atas kemerdekaan itu kontan menyulut bara perseteruan antara Ukraina dan Rusia. Ketegangan antar-kawasan semakin tak terbendung.

Puncaknya terjadi Kamis Presiden Vladimir Putin pada Kamis (24/2/2022) memerintahkan militer Rusia untuk melakukan operasi khusus di wilayah Donbass, Ukraina timur. “Keadaan mengharuskan kita untuk mengambil tindakan tegas dan segera," kata Putin, seperti dilansir Russia Today.

Perang pun pecah. Tanah Ukraina menjadi ladang pertempuraan pasukan dan senjata. Pada Senin (28/2/2022), invasi Rusia telah memasuki hari kelima. Militer Kiev mengonfirmasi bahwa pangkalan militer di Vasylkiv diserang artileri pasukan Moskow.

Melalui posting Facebook, yang dikutip Reuters, Staf Umum Angkatan Bersenjata Ukraina mengatakan anggota pasukan pertahanan di pangkalan udara militer Vasylkiv di barat daya Kiev melawan serangan artileri dan serangan lainnya dari pasukan Moskow.
selanjutnya


Berita Terkini More