Ukraina Membara, Taiwan Waspada

Jum'at, 25 Februari 2022 - 16:58 WIB
Taiwan mewaspadai gerak-gerik China seiring meletusnya perang antara Rusia dan Ukraina. Foto/Reuters
"Taiwan bukan Ukraina. Taiwan selalu menjadi bagian tak terpisahkan dari China!" Hal itu selalu ditegaskan China mengenai sikapnya atas negara pulau tersebut.

Pernyataan tersebut ditegaskan kembali juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying menyikapi pernyataan Presiden Taiwan Tsai Ing-wen yang menyerukan agar negara pulau itu meningkatkan kewaspadaan terhadap militer China.

"Ini adalah fakta hukum dan sejarah yang tak terbantahkan," lanjutnya, seperti dikutip dari Reuters, pada Rabu (23/2/2022).

Hua menambahkan, masalah Taiwan adalah salah satu yang tersisa dari perang saudara, tetapi integritas China seharusnya tidak pernah dikompromikan dan tidak pernah dikompromikan.

Terlepas dari klaim tersebut, Pemerintah Taiwan sangat menentang klaim teritorial China. "Semua unit keamanan dan militer harus meningkatkan pengawasan dan peringatan dini tentang perkembangan militer di sekitar Selat Taiwan," kata Tsai dalam pertemuan kelompok kerja tentang krisis Ukraina yang dibentuk oleh Dewan Keamanan Nasionalnya.
selanjutnya


Berita Terkini More