Fakta Buaya yang Jarang Terungkap

Kamis, 24 Februari 2022 - 19:38 WIB
Tak hanya pemangsa sadis, banyak fakta tentang buaya yang jarang diketahui. Foto/mirror.co.uk
Buaya memiliki gigitan paling kuat yang pernah diukur untuk hewan yang sekarang hidup. Misalnya, buaya air asin, yang ditemukan di dekat Australia, dapat menggigit hampir tiga kali lebih keras dari singa atau harimau.

Buaya besar dapat menggigit dengan kekuatan lebih dari 5.000 pon per inci persegi. Gigitan itu lebih kuat dari hyena atau bahkan hiu putih besar! Bahkan, kekuatan gigitan mereka mungkin menyaingi T-rex yang perkasa.

Ahli paleobiologi Gregory M Erickson dan rekan-rekannya menguji 23 spesies buaya yang masih hidup melalui uji gigitan. Erickson dan rekan-rekannya mengukur secara fisik gigitan beberapa buaya air asin berukuran panjang 5,2 meter (17 kaki), seperti buaya Nil, aligator, caiman, gharial, dan buaya lainnya.

Hasilnya buaya air asin kekuatan rahangnya sekitar 3.700 pon per inci persegi (psi), atau 16.460 newton. Sedangkan Hyena, singa, dan harimau menghasilkan sekitar 1.000 psi (4.450 newton). Sebaliknya, manusia untuk memotong steak kekuatan rahangnya hanya 150 hingga 200 psi (890 newton).

Itu yang membuat buaya menjadi pemangsa yang sukses. Setiap mangsa yang tertangkap di rahang mereka tidak mungkin lolos. Namun, rahang buaya juga sangat sensitif terhadap sentuhan—bahkan lebih sensitif daripada ujung jari manusia.
selanjutnya


Berita Terkini More