Link Copied
Mengasah Kreasi dengan Modifikasi

Mengasah Kreasi dengan Modifikasi

By Puguh Hariyanto
Memiliki motor yang lain dibandingkan yang lain menjadi idaman. Modifikasi pun sering dilakukan demi mendapatkan motor dengan tampang idaman dan eksklusif.

6 Tips Memodifikasi Motor Aman dari Tilang dan Razia Polisi

6 Tips Memodifikasi Motor Aman dari Tilang dan Razia Polisi


Pehobi modifikasi pasti tidak betah melihat motor dalam keadaan standar pabrikan. Mereka pasti ingin membuat tampilan motor berbeda sehingga melakukan modifikasi supaya terlihat beda dengan para pengguna kendaraan lain

Namun, Anda perlu tahu bahwa terdapat aturan dimana dilarang mengubah dan melakukan memodifikasi pada kendaraan. Peraturan tersebut tertera dalam pasal 277, UU No.22 Tahun 2009 yang berbunyi: “Setiap orang yang memasukkan Kendaraan Bermotor, kereta gandengan, dan kereta tempelan ke dalam wilayah Republik Indonesia, membuat, merakit, atau memodifikasi Kendaraan Bermotor yang menyebabkan perubahan tipe, kereta gandengan, kereta tempelan, dan kendaraan khusus yang dioperasikan di dalam negeri yang tidak memenuhi kewajiban uji tipe sebagaimana dimaksud dalam Pasal 50 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun atau denda paling banyak Rp24.000.000,00 (dua puluh empat juta rupiah).”

Namun ternyata adacara memodifikasi yang aman tanpa membuat Anda kena tilang. Berikut ini dilansir dari laman resmi Astra Motor (28/07), mengenai tips memodifikasi yang aman:

1. Hindari ubah dimensi ukuran kendaraan
Hal yang pertama hindari untuk mengubah ukuran, model dimensi kendaraan Anda. Hal itu dilarang karena tidak sesuai dengan format pada STNK maupun BPKB motor Anda. Ketidak sesuaian akan merepotkan diri Anda sendiri lantaran ketika ketilang oleh petugas lalu lintas. Akibatnya motor Anda di bawa ke kantor kepolisian akibat STNK dan dimensi motor tidak sama.

2. Tidak mengubah, memangkas/ memotong rangka motor
Hal ini juga dilarang keras oleh pihak kepolisian lantaran terjadi ketidak sesuaian terhadap jenis dan bentuk motor yang tertera di STNK. Selanjutnya itu mengubah rangka motor juga akan menghilangkan no rangka yang tertera pada kerangka motor untuk administrasi terkait TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor). Selain itu mengubah memangkas dan memotong rangka motor juga berefek pada buruk nya pengendalian dan kestabilan kendaraan ketika digunakan dijalan raya.

3. Tidak mengubah cctenaga mesin
Hal ini sebaiknya dihindari dan jangan pernah lakukan terhadap motor kesayangan Anda. Hal ini disebabkan karena tidak aman serta dapat mencelakanan diri sendiri maupun pengguna jalan yang lain.

Selain itu mengubah cc tenaga mesin juga akan merusak komponen motor yang dapat menyebabkan mesin tidak awet. Hal itu terjadi karena terdapat ketidaksesuaian komponen dari pabrikan dengan tangan manusia yang mengerjakan.

4. Hindari mengubah warna kendaraan bermotor
Supaya Anda aman dan dapat berkendara dengan aman dan nyaman, lebih baik hindari untuk mengubah warna kendaraan. Hal itu terjadi karena terdapat ketidaksesuaian antara warna motor dengan warna yang tertera pada STNK.

5. Tidak mencopot spion dan lampu sein
Masih banyak para pemilik kendaraan bermotor yang melepas spion dan lampu sein miliknya. Hal ini sebaiknya dihindari. Sebab, sangat berbahaya dan dapat berpotensi terjadi kecelakaan akibat kecerobohan Anda. Spion digunakan untuk melihat situasi kendaraan di bekalang. Sementara lampu sein berguna untuk memberikan sinyal kepada penggendara lain.

6. Hindari mengganti knalpot racing
Beberapa waktu lalu petugas kepolisian bertindak tegas terhadap para penggendara sepeda motor yang menggunakan knalpot racing. Hal itu disebabkan karena dapat menimbulkan polusi suara yang dapat menggangu pengguna penggendara lain.

Oleh sebab itu sekarang ini petugas lalu lintas akan menindas tegas pengendara yang masih menggunakan knlpot racing dengan menilang dan membuang knalpot tersebut dan dimusnahkan.

4 Modifikasi Motor Unik yang Pernah Diciptakan

4 Modifikasi Motor Unik yang Pernah Diciptakan


Modifikasi adalah hobi yang kerap dilakukan oleh pemilik kendaraan. Tujuannya tentu agar kendaraan yang dimiliki tampil berbeda dengan yang lainnya. Tetapi tak semua hasil modifikasi, khususnya roda dua, terlihat mewah dan mengesankan.

Ada juga yang terkesan konyol, tetapi tetap unik dan menarik perhatian siapapun yang melihatnya. Berikut beberapa modifikasi motor unik yang pernah diciptakan, dilansir dari berbagai sumber, Minggu (13/6/2021).

1. Hamburger
Makanan mengaspal di jalan adalah salah satu keunikan yang jarang ditemui. Maka dari itu, jika melihat motor yang dimodifikasi serupa hamburger ini mungkin adalah sebuah keburuntungan. Bentuknya bulat layaknya hamburger. Motor ini menggunakan tiga roda yang cukup besar sebagai penopang. Stang yang tinggi, disesuaikan dengan ukuran agar mudah dikendarai. Mesin

2. Pemotong Rumput
Biasanya, pabrikan otomotif berlomba-lomba menawarkan mesin yang tangguh dan cepat untuk setiap produknya. Tetapi tidak bagi motor yang dimodofikasi satu ini. Motor ini bergerak menggunakan 12 mesin pemotong rumput. Ukurannya juga sangat panjang, agar mesin-mesin tersebut muat di rangka motor.

3. Bermuka Dua
Mobil bermuka dua mungkin sudah biasa. Kali ini ada yang pernah menciptakan motor bermuka dua. Layaknya motor pada umumnya, motor ini bisa menampung dua orang.

Tetapi, di kedua sisi ada stang, rangka, hingga mesin layaknya tampilan depan sebuah motor. Entah sisi mana yang menjadi bagian depannya, tetapi sepertinya salah satu sisi tidak berfungsi.

4. Roda Satu
Hampir semua motor keluaran pabrikan yang ada saat ini pasti menggunakan roda dua. Tetapi sepertinya itulah yang menginspirasi modifikator motor satu ini, yang menciptakan kendaraan roda satu.

Tentu bagi yang tidak biasa, motor roda satu ini sulit dikendarai dan cenderung berbahaya. Bagaimana tidak, jika tak seimbang, bisa-bisa terjungkal ke depan atau ke belakang.

Deretan Motor ARCH Buatan Keanu Reeves

Deretan Motor ARCH Buatan Keanu Reeves


Tak hanya terkenal di layar kaca karena membintangi banyak film-film populer di dunia, Keanu Reeves juga memiliki hobi di industri otomotif. Terbukti, Keanu merupakan pendiri dari ARCH Motorcycles, produsen sepeda motor kustom dengan perpaduan unik antara kinerja, kustomisasi, dan perhatian terhadap detail.

Ada beberapa model motor terkenal besutan ARCH. Semisal KRGT-1 cruiser custom, yang memiliki desain gagah serta mampu dipacu secara agresif, namun tetap nyaman untuk perjalanan jauh, dan jalan tol.

KRGT-1 2019 merupakan pengembangan dari model 2018 dengan penyempurnaan pada badan motor, suspensi depan, dan rem ISR dengan 6 piston. Setiap KRGT-1 dirancang khusus, dan dipersonalisasi untuk memberikan ergonomi yang disesuaikan bagi penunggangnya. Hal ini membuat setiap sepeda KRGT-1 berbeda satu dengan lainnya.

Sementara KGRT- 1 buatan 2020, diketahui sudah memenuhi standar EURO 4. ARCH Motorcycle sudah mengajukan sertifikasi Euro 4 untuk KRGT-1 2020 sejak November 2019. Ada juga ARCH 1S, produksi pertama Arch dengan lengan ayun tunggal yang berada di samping.

Motor custom ini juga masuk dalam kategori cruiser sports. Sebab, bagian bodinya terbuat dari CNC Machiner Alumunium yang dikombinasi dengan panel serat karbon, termasuk pula dengan tangki bahan bakar yang juga terbuat dari serat karbon.

ARCH juga memiliki METHOD 143, motor unik yang menciptakan keseimbangan antara seni atau kerajinan tangan dan teknik, melalui pemrograman mesin CNC yang presisi dari komponen bodywork aluminium.

Namun, motor tidak dijual massal, dan hanya dibatasi 23 unit saja. METHOD 143 memiliki kapasitas mesin sekitar 300cc, dan menggunakan lebih banyak serat karbon daripada 1S. Motor ini memiliki sasis mono-sel serat karbon ringan. Itu semacam rekayasa mobil balap F1 di sana.
(poe)