Ketika Azan Gunakan Pengeras Suara Dianggap Mengganggu

Kamis, 24 Februari 2022 - 17:28 WIB
Polemik suara azan di masjid menggunakan pengeras suara (toa) kembali mencuat. Kali ini Pernyataan Menag disoal tentang analogi pengeras suara masjid dengan gonggongan anjing. Foto Dok SINDOnews
Sungguh tidak elok jika suara Azan dibandingkan dengan suara binatang. Sebab azan adalah panggilan mulia dan termasuk bagian dari syiar agama. Di tengah ramainya polemik terkait pengeras suara masjid, ternyata suara Azan memberi Hidayah dan hikmah bagi banyak orang.

Dalam perspektif Islam, Azan panggilan (an-Nida') atau pemberitahuan (al-i'lam) perihal masuknya waktu sholat.

Bahkan dalam satu Hadis Nabi disebutkan: "Barang siapa pada saat mendengar Adzan kemudian dia mengucapkan (doa selepas adzan), maka masuklah syafaatku untuknya pada hari kiamat." (HR Al-Bukhari).

Dalam riwayat lain dikatakan, "Apabila panggilan sholat (Adzan) dikumandangkan maka setan akan lari sambil mengeluarkan kentut hingga ia tidak mendengar suara adzan... (hingga akhir hadis)." (Muttafaqun 'alaih)

Keajaiban Azan dapat kita lihat dari berbagai kisah Mualaf. Lafal Azan yang berisi kalimat Tauhid tidak hanya sebagai pengingat waktu sholat, tetapi dapat menyentuh dan menggugah hati orang yang mendengarnya.
selanjutnya


Berita Terkini More