Pengamen Ondel-ondel: Sepi di Jakarta, Riuh di Pinggir Ibu Kota

Selasa, 22 Februari 2022 - 18:51 WIB
Pengamen ondel-ondel melintasi jalanan Jakarta untuk mencari rezeki. Keberadaan mereka telah dilarang di Ibu Kota. Foto/SINDOnews
Pancaran lampu berpendar dari kafe dan warung-warung tenda di sepanjang Jalan Boulevard Raya, Grand Galaxy Park, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, minggu malam lepas Isya, belum lama ini. Siraman cahaya bohlam dari penerangan jalan umum kian menambah hidup detak suasana malam.

Pengunjung, meski tak berjejal, berderet di bangku-bangku tempat makan itu. Lalu-lintas lumayan padat. Di antara deru knalpot kendaraan, mendadak suara cempreng melodi lagu Betawi memecah malam.

Suara itu datang dari piranti audio lawas yang ditanam pada gerobak kecil usang. Ilham, 17, mendorongnya menyisiri jalanan Boulevard. Kaus dan celana hitam ditambah songkok merah kian menguatkan tampilannya sebagai ‘Orang Betawi’.

Iang, begitu dia disapa, tak sendiri. Bersamanya menemani Putra (16) dan Hadi (10). Bertiga mereka mengais rezeki. Bila Ilham mendorong gerobak, Putra kebagian peran menjalankan ondel-ondel, sementara Hadi membawa kaleng bekas untuk menadah receh atau lembaran uang.

“Rutenya (mengamen) di Bantar Gebang, Jatiasih, Nusa Indah, Kemang Pratama," ujar Iang.
selanjutnya


Berita Terkini More