Mengurai Persoalan Kriminalitas Anak Muda yang Makin Meresahkan

Senin, 30 September 2024 - 14:27 WIB
Kriminalitas yang Dilakukan Kaum Muda Makin Sadis dan Meresahkan
Bagaimana remaja zaman sekarang sangat sulit dikontrol perilakunya? Apa yang menjadi penyebab persoalan tersebut? Bagaimana kenakalan remaja atau juvenile delinquency bisa dihentikan? Siapa yang harus bertanggung atas kondisi tersebut?

Tumpukan pertanyaan tersebut belakangan mengemuka di tengah masyarakat merespons kenakalan remaja yang terbilang sangat memprihatinkan.Apalagi kenakalan yang ditunjukkan bukan level biasa, tapi juga sudah mengganggu ketertiban masyarakat, menjurus pada kriminalitas dan bahkan mengancam keselamatan mereka sendiri dan orang lain.

Penemuan 7 mayat yang meninggal di Kali Bekasi pada Minggu (22/09) bisa disebut sebagai puncak gunung es kenakalan remaja saat ini.Dugaan sementara, sebelumnya mereka sempat berencana tawuran, namun keburu kepergok patroli perintis presisi Polres Kota Bekasi hingga lari kocar-kacir, di antaranya nekad memilih menyeberang sungai hingga musibah datang.

Baca Juga: Remaja SMP Tewas Dibacok saat Tawuran di Bekasi

Fenomena tawuran dan geng motor memang kian hari kian meresahkan. Bahkan laporan realitas tersebut terjadinya hampir di seluruh penjuru Tanah Air. Di antara yang mengemuka baru-baru ini adalah aksi sekelompok remaja anggota geng motor berkonvoi di Jalan Diponegoro, Kota Medan sambil mengacung-ngacungkan clurit panjang, pedang, dan aneka senjata lain. Belakangan setelah markas digrebek kepolisian, mereka juga terlibat dalam kriminalitas seperti merampas sepeda motor.
selanjutnya


Berita Terkini More