AS-Rusia Saling Gertak, Eropa Bakal Jadi Medan Laga?

Rabu, 31 Januari 2024 - 15:53 WIB
Ketegangan antara NATO dan Rusia semakin meningkat seiring rencana AS menempatkan senjata nuklir AS di Inggris. FOTO/Ilustrasi
Amerika Serikat (AS) berencana menempatkan kembali senjata nuklir taktis di Inggris untuk pertama kalinya dalam 15 tahun. Laporan ini muncul di tengah makin panasnya hubungan antara Rusia dan NATO, serta munculnya seruan beberapa politisi Barat untuk bersiap menghadapi potensi bentrokan bersenjata dengan Rusia.

Rencana itu dilaporkan surat kabar Inggris, Telegraph, pada Jumat (26/1/2024), mengutip dokumen Pentagon. Surat kabar Inggris tersebut mengutip kontrak pengadaan fasilitas baru di pangkalan Royal Air Force (RAF) di Lakenheath di Suffolk yang menunjukkan niat Washington membawa senjata nuklir ke pangkalan tersebut.

"RAF Lakenheath diperkirakan akan menampung bom B61-12 yang tiga kali lebih kuat dibandingkan bom yang dijatuhkan di Hiroshima pada tahun 1945," ungkap Telegraph. AS diketahui telah mengirimkan pesawat tempur F-35 berkemampuan nuklir ke pangkalan itu tahun lalu.

Menanggapi isu tersebut, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan bahwa Moskow akan terpaksa melakukan "tindakan balasan" jika hulu ledak nuklir Amerika kembali ke Inggris.

Rusia menuduh negara-negara Barat memicu ketegangan di Eropa. Moskow juga menyatakan bahwa ekspansi NATO yang terus berlanjut ke arah timur adalah salah satu akar konflik yang sedang berlangsung di Ukraina.
selanjutnya


Berita Terkini More