Lima KSAD di Era Presiden Jokowi, Siapa Selanjutnya?

Sabtu, 25 November 2023 - 22:19 WIB
Jenderal TNI Agus Subiyanto saat menjalani fit and proper test sebagai Calon Panglima TNI. Foto/MPI/Arif Julianto


Jenderal TNI Agus Subiyanto saat serah terima jabatan Panglima TNI. Foto/MPI/Aldhi Chandra Setiawan


JENDERAL TNI Agus Subiyanto yang baru beberapa hari menjabat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), diusulkan menjadi calon Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) oleh Presiden Joko Widodo. Setelah disetujui DPR, Agus dilantik menjadi Panglima TNI.

Catatan SINDOnews, Agus dilantik menjadi KSAD pada Rabu, 25 Oktober 2023. Pelantikan Agus didasarkan pada Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 89/TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat. Agus yang sebelumnya menjabat Wakil KSAD, menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang memasuki masa pensiun.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” ujar Presiden mendiktekan sumpah jabatan kepada Agus.
selanjutnya


Berita Terkini More