Bentangan Karpet Merah bagi Investor di IKN Nusantara

Kamis, 16 Juni 2022 - 15:34 WIB
Pemerintah menargetkan pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dimulai awal tahun 2023. Foto/Setkab
Pembangunan tahap awal Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan dimulai tahun depan. Di tahap pertama, pembangunan akan difokuskan pada pengembangan konektivitas, kantor pemerintahan, hingga hunian untuk Aparatur Sipil Negara (ASN).

Wakil Kepala Otorita IKN Nusantara Dhony Raharjoe mengatakan, untuk melaksanakan pembangunan tersebut, dibutuhkan partisipasi dari para investor. "Karena itu saya ingin menggelar karpet merah untuk investor, saya ingin ada insentif di IKN, insentifnya harus plus," ujar Dhony dalam konferensi pers, Kamis (9/6/2022).

Karena itu, kata dia, saat ini badan otorita tengah berupaya membangun iklim investasi yang baik bagi proyek-proyek IKN. Salah satunya, untuk perizinan lahan investor tidak perlu turun tangan langsung.

"Pengembang tidak perlu membebaskan lahan lagi, tinggal bicara dengan badan otorita. Juga tersedia insentif," tuturnya. Dia mengatakan, insentif tersebut juga diberikan seperti dalam investasi proyek infrastruktur.

Bahkan, insentif pembangunan infrastruktur akan diberikan lebih besar. "Insentif untuk proyek yang membangkitkan keramaian juga kita akan berikan lebih," janjinya.
selanjutnya


Berita Terkini More