Derita Rusia, Dihujani Sanksi Pasca Invasi

Senin, 14 Maret 2022 - 17:26 WIB
Badai sanksi menghujani Rusia, setelah negara itu menggelar operasi militer terhadap Ukraina. Foto/Ilustrasi/Reuters
Segera setelah Rusia memulai operasi militernya di Ukraina, Amerika Serikat (AS) resmi menjatuhkan sanksinya. Langkah itu lantas diikuti sekutu-sekutunya yang menghujani beragam sanksi ke Rusia.

Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menteri Luar Negeri Sergey Lavrov menjadi target pertama sanksi Amerika. Tindakan itu juga diikuti Uni Eropa (UE) dan Inggris.

"Presiden Putin dan Menteri Lavrov secara langsung bertanggung jawab atas invasi Rusia yang tidak beralasan dan melanggar hukum lebih lanjut ke Ukraina, negara berdaulat yang demokratis," kata Departemen Keuangan AS dalam sebuah pernyataan hari Jumat waktu Washington atau Sabtu (26/2/2022) WIB.

Pejabat Rusia lainnya yang juga jadi target sanksi Washington adalah Menteri Pertahanan Sergei Shoigu dan Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia Valery Gerasimov.

Sebelas anggota Dewan Keamanan Rusia, termasuk Direktur Badan Intelijen Asing Sergei Naryshkin dan Sekretaris Dewan Keamanan Federasi Rusia Nikolai Patrushev tak luput dari bidikan sanksi Amerika.
selanjutnya


Berita Terkini More