Jalan Berliku Timnas Indonesia Menembus Piala Dunia 2026
Jalan Berliku Timnas Indonesia Menembus Piala Dunia 2026
Andryanto Wisnuwidodo
Kamis, 03 Oktober 2024, 12:58 WIB

Jalan berliku harus dilalui Timnas Indonesia untuk menembus Piala Dunia 2026 yang diawali dari babak kualifikasi Zona Asia dengan melalui perjuangan luar biasa.

Terbanglah Tinggi Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026

Terbanglah Tinggi Timnas Indonesia ke Piala Dunia 2026

Jalan berliku Timnas Indonesia untuk menembus Piala Dunia 2026 yang diawali dari babak kualifikasi Zona Asia. Inilah skenario Timnas Indonesia agar lolos ke Piala Dunia 2026.

Saat ini, Timnas Indonesia sudah sampai di babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Di babak 3 kualifikasi Zona Asia, Timnas Indonesia sebenarnya sudah bisa memastikan lolos ke Piala Dunia 2026 dengan beberapa catatan.

 
Kalau kita bisa lolos ke Piala Dunia dan sepak bola kita semakin besar

Shin Tae-yong


Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengatakan paling terpenting saat ini Timnas Indonesia harus mendapatkan dukungan dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2026. Sebab, kans timnya tampil dalam putaran final Piala Dunia 2026 cukup terbuka. "Kalau kita bisa lolos ke Piala Dunia dan sepak bola kita semakin besar, semuanya akan mengapresiasi kepada Ketum PSSI Erick Thohir. Kami bisa menjadi tim yang paling kuat di Asia," ucapnya.

Timnas Indonesia harus menjadi juara grup atau runner-up Grup C babak 3 kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia untuk lolos langsung. Kalkulasi di atas kertas, peluang lolos langsung cukup berat.Apalagi untuk menjadi juara dan runner-up Grup C Timnas Indonesia mengalahkan tim langganan Piala Dunia seperti Jepang, Arab Saudi, dan Australia. Belum lagi Bahrain dan China yang bisa merepotkan.

Baca Juga: Starting XI Timnas Indonesia Kental Eropa demi Menembus Piala Dunia 2026

Namun, peluang itu tetap ada meski tipis. Saat ini, Timnas Indonesia menempati posisi keempat Grup C di klasemen sementara Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia dengan mengemas 2 poin. Dua poin diperoleh setelah Timnas Indonesia bertarung heroik menahan imbang Arab Saudi dengan skor 1-1 dan Australia 0-0.

Nah, jika belum bisa menjadi juara grup atau runner-up, skuad Garuda menjaga peluang dengan lolos ke babak 4 jika finish di posisi ketiga atau keempat grup C di babak 3. Skuad Garuda di putaran 4 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia akan bertarung dengan 6 negara yang finish di posisi 3 atau 4 grup babak 3.

Next, 6 negara peserta babak 4 Zona Asia ini akan diundi ke dalam 2 grup yang masing-masing berisi 3 negara. Timnas Indonesia akan menghadapi 2 pertandingan babak 4 yang akan dilakukan di tempat netral. Jika Timnas Indonesia mampu menjadi juara grup di babak 4, skuad Garuda akan merebut tiket lolos ke Piala Dunia 2026.

Namun, jika Timnas Indonesia menjadi runner-up, pasukan Shin Tae-yong akan bertarung lagi di babak 5 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Indonesia harus bertempur melawan runner-up grup babak 4.

Pertandingan akan digelar dalam 2 leg untuk memprebutkan 1 tiket playoff antarkonfederasi. Pada babak playoff antarkonfederasi yang menjadi jalan terakhir menuju Piala Dunia 2026, Timnas Indonesia akan menghadapi wakil Afrika, Amerika Selatan, Oseania, dan 2 wakil Amerika Utara dan Tengah.

Timnas Indonesia wajib juara playoff antarkonfederasi agar lolos ke Piala Dunia 2026. So, mampukah Timnas Indonesia membuat sejarah lolos ke Piala Dunia 2026? Terbanglah tinggi skuad Garuda ke pentas Piala Dunia 2026.

Mewah! Starting XI Timnas Indonesia Cita Rasa Eropa

Mewah! Starting XI Timnas Indonesia Cita Rasa Eropa

Starting XI Timnas Indonesia kental warna Eropa setelah kedatangan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders. Kehadiran Mees Hilgers dan Eliano Reijnders melengkapi puzzle Timnas Indonesia dalam perjuangan lolos ke Piala Dunia 2026.

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders bergabung setelah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) dengan pengambilan sumpah di Kedutaan Besar Indonesia di Brussels, Belgia, Senin (30/9/2024). Setelah proses pengambilan sumpah selesai, Hilgers dan Eliano tinggal melakukan perpindahan federasi dari KNVB ke PSSI yang sesuai dengan aturan FIFA.

Baca Juga: Jalan Panjang Timnas Indonesia ke Pentas Piala Dunia 2026

Jika administrasi itu selesai, kedua pemain tersebut punya peluang memperkuat Timnas Indonesia dalam lanjutan Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Di bulan ini (Oktober), Timnas Indonesia melawan Bahrain di Bahrain National Stadium, Riffa, pada Kamis (10/10/2024) malam WIB. Setelah itu, Skuad Garuda bertolak melawan China di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10/2024) malam WIB.

Skuad Garuda memiliki modal cukup bagus untuk menjalani dua laga tandang itu. Timnas Indonesia berbekal dua hasil imbang melawan dua tim raksasa Asia, yakni Arab Saudi dan Australia. Hasil itu membuat Timnas Indonesia sedang duduk di posisi empat dengan koleksi dua poin.

Tentunya kehadian Mees dan Eliano menambah seru persaingan perebutan tempat di skuad Timnas Indonesia. Mees berposisi sebagai bek tengah. Eliano bisa dikatakan pemain serbabisa. Mengacu pada catatan Transfermarkt, pemain berusia 23 tahun itu bisa bermain sebagai bek kanan, gelandang serang, dan winger kiri.

Starting XI Timnas Indonesia: Maarten Paes, Jay Idzes, Justin Hubner, Mees Hilgers, Sandy Walsh, Ivar Jenner, Nathan Tjoe-A-On, Calvin Verdonk, Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick, Eliano Reijnders

Jadwal Timnas Indonesia di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026


Jadwal Timnas Indonesia di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026

Jadwal Timnas Indonesia
di babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang dimulai September 2024 hingga Juni 2025. Timnas Indonesia menghuni Grup C di babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2024 bersama Arab Saudi, Australia, Bahrain, China, dan Jepang.

Babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 akan memainkan sepuluh pertandingan sejak 5 September 2024 sampai 10 Juni 2025 dengan format kandang dan tandang. Laga pertama Indonesia dibuka dengan melawan Arab Saudi pada Kamis 5 September 2024 di Jeddah, Arab Saudi. Hasilnya Indonesia membawa pulang 1 poin setelah bermain imbang 1-1.

Baca Juga: Starting XI Timnas Indonesia Kental Eropa demi menembus Piala Dunia 2026

Pasukan Garuda selanjutnya menjamu Australia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Selasa, 10 September 2024. Hasilnya, skuad Garuda meraih 1 poin setelah mengimbangi Australia dengan skor 0-0.
Dua poin tersebut menjadi modal penting Indonesia untuk bisa mendapat tiket ke Piala Dunia 2026. Bulan Oktober, Timnas Indonesia akan menjalani laga tandang ke Bahrain dan China pada 10 Oktober dan 15 Oktober.

Timnas Indonesia melawan Bahrain di Bahrain National Stadium, Riffa, pada Kamis (10/10/2024) malam WIB. Setelah itu, Skuad Garuda bertolak melawan China di Qingdao Youth Football Stadium, Selasa (15/10/2024) malam WIB.

Berikut jadwal lengkap pertandingan Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2026 babak ketiga Zona Asia dandisiarkan secara langsung RCTI.

Jadwal Lengkap Timnas Indonesia di Babak 3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia
5 September 2024 - Arab Saudi Vs Indonesia (1-1)
10 September 2024 - Indonesia Vs Australia (0-0)
10 Oktober 2024 - Bahrain Vs Indonesia
15 Oktober 2024 - China Vs Indonesia
14 November 2024 - Indonesia Vs Jepang
19 November 2024 - Indonesia Vs Arab Saudi
20 Maret 2025 Australia Vs Indonesia
25 Maret 2025 Indonesia Vs Bahrain
5 Juni 2025 Indonesia Vs China
10 Juni 2025 - Jepang Vs Indonesia

Pemain Naturalisasi demi Kebaikan Timnas Indonesia

Pemain Naturalisasi demi Kebaikan Timnas Indonesia

Pemain naturalisasi demi kebaikan Timnas Indonesia menurut pelatih Shin Tae-yong. Jawaban Shin Tae-yong itu untuk mendinginkan pro dan kontra keberadaan pemain naturalisasi di Timnas Indonesia.

Menurutnya, gelombang pemain naturalisasi demi kebaikan timnya agar bisa bersaing di kancah sepak bola dunia. Apalagi Timnas Indonesia saat ini berjuang untuk menembus Piala Dunia 2026.

Mees Hilgers dan Eliano Reijnders menjadi pemain naturalisasi teranyar setelah resmi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Pemain berdarah Indonesia-Belanda itu diproyeksikan memperkuat Timnas Indonesia untuk putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Baca Juga: Starting XI Timnas Indonesia Kental Eropa demi menembus Piala Dunia 2026

Shin Tae-yong mengatakan adanya pemain-pemain naturalisasi membuat Skuad Garuda makin disegani di kancah sepak bola dunia. Hal itu menjadi dampak nyata adanya tambahan pemain naturalisasi. "Memang sekarang kita bisa lihat sendiri masyarakat dan fans sepak bola Indonesia pada bahagia pastinya. Mungkin dengan adanya pemain naturalisasi mungkin kita bisa memposisikan diri kita di sini sekarang," kata Shin Tae-yong di Jakarta.

"Kalau lebih naik lagi performa kami, tidak akan mudah dikalahkan melawan siapa pun. Jadi, memang ada yang bilang menyusahkan pemain lokal, tapi tolong jangan ada yang salah sangka. Kalau kita bisa naik peringkat 50 FIFA ranking, mungkin sepak bola Indonesia tidak akan mudah dikalahkan," tambahnya.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut mengatakan paling terpenting saat ini Timnas Indonesia harus mendapatkan dukungan dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2026. Sebab, kans timnya tampil dalam putaran final Piala Dunia 2026 cukup terbuka.

"Tolong sekarang melihat dengan sudut pandang yang lebih besar. Kalau kita bisa lolos ke Piala Dunia dan sepak bola kita semakin besar, semuanya akan mengapresiasi kepada Ketum PSSI Erick Thohir. Kami bisa menjadi tim yang paling kuat di Asia," ucapnya.

Saat ini Timnas Indonesia berada di posisi keempat klasemen Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan dua poin. Poin itu dari dua kali hasil seri dalam dua laga yang dimainkan.
(aww)