Link Copied
Pilpres 2024 Kian Dekat, Tebar Pesona Capres Makin Terlihat

Pilpres 2024 Kian Dekat, Tebar Pesona Capres Makin Terlihat

By Dzikry Subhanie
Pilpres 2024 akan digelar dua tahun lagi, tepatnya 14 Februari 2024. Mereka yang masuk bursa capres pun terus tebar pesona demi memikat parpol dan rakyat.

Anies, Teriakan Capres, dan Ikat Kepala Bergambar Kakbah


Anies, Teriakan Capres, dan Ikat Kepala Bergambar Kakbah


Suara takbir bergema begitu Anies Baswedan yang naik kereta kuda tiba di JEC, Banguntapan, Bantul, DIY, Senin (31/1/2022). Teriakan 'capres' pun terdengar berulang kali dari ribuan kader Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Orang nomor satu di DKI Jakarta itu datang ke Jogja Expo Center (JEC), karena didaulat sebagai pembicara dalam diskusi Harlah dan Muskerwil DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DIY di Hotel Grand Rohan, Jogja.

Ketika menjadi pembicara dalam diskusi, Anies menceritakan waktu kecil dirinya sering ikut konvoi PPP. Anies menceritakan ini lantaran dari dalam ruang diskusi itu terdengar raungan knalpot sepeda motor dari para simpatisan PPP.

"Ini hanya di PPP, saat saya masih SD dulu saya ikut. Pakai ikat kepala yang ada gambarnya Kakbah. Mendengar suara konvoi ini seperti teringat masa lalu," kata Anies di depan para pengurus PPP DIY.

Anies memaparkan sejumlah pembangunan yang telah dilakukan di Jakarta. Eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) ini mengatakan, pembangunan di Jakarta bertujuan menghadirkan perasaan kesetaraan yang lalu bisa membangun persatuan.

"Persatuan akan sulit dipertahankan dan diperkuat bila dalam ketimpangan. Ketimpangan sangat sulit menghadirkan persatuan. Tapi kesetaraan akan bisa membuat persatuan, itu yang coba kami bangun di Jakarta," tegas Anies.

Seusai acara, Anies ditanya apakah undangan tersebut merupakan sinyal PPP akan mengusung dirinya sebagai calon presiden pada Pilpres 2024. "Kalau soal itu (dukungan untuk Pilpres 2024) silakan tanya ke PPP," ujarnya.

Menurut Anies, saat ini dirinya hanya fokus untuk menuntaskan program-programnya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Masa jabatan Anies di DKI Jakarta akan habis Oktober 2022.

Ketua DPW PPP DIY Muhammad Yazid menyebut PPP DIY memang secara khusus mengundang Anies Baswedan untuk memberikan motivasi kepada kader PPP di DIY. "Tadi sudah banyak disampaikan Mas Anies tentang Jakarta dan sangat memotivasi kami dari kader PPP," tandas anggota DPRD DIY ini.

Sejatinya, bukan kali ini saja Anies terlihat mesra dengan partai yang dipimpin Suharso Monoarfa tersebut. 17 Oktober 2021, petinggi PPP memberikan serban dan mengalungkan tasbih ke Anies Baswedan. Peristiwa itu terjadi saat Anies menghadiri Musyawarah Nasional Alim Ulama PPP di Ponpes Fadlul Fadlan Mijen, Semarang, Jawa Tengah.

Saat itu, Anies menilai pemberian serban dan tasbih PPP itu merupakan hal biasa. Bukan bertujuan politik.

Senada, Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa menyatakan, pemberian tasbih dan serban itu merupakan hal biasa dan bukan sebagai arah dukungan politik menuju Pilpres 2024. “Anies Baswedan bukan merupakan tokoh baru di kalangan PPP,” kata Suharso.

Pada 30 Januari 2022, Anies diberi gelar tokoh Persatuan dan Pembangunan DKI Jakarta. Gelar tersebut diberikan saat Anies menghadiri acara Harlah ke-49 PPP di Kantor DPW PPP DKI di Duren Sawit, Jakarta Timur.

Prestasi Pemerintah Provinsi DKI Jakarta seperti membangun sarana dan infrastruktur yang ramah bagi masyarakat difabel menjadi salah satu pertimbangan Anies mendapatkan gelar tersebut. Anies juga dianggap menggalakkan gerakan vaksinasi Covid-19 dan mampu menuntaskan wabah virus itu di DKI Jakarta.

Pengamat politik Tony Rosyid menilai, Anies Baswedan dan PPP saling membutuhkan. Anies butuh tiket partai, sementara PPP butuh coattail effect jika mendukung Anies. "Tak bisa dipungkiri bahwa para pendukung PPP sedang gandrung ke Anies. Mereka ingin Anies jadi presiden," kata Tony Rosyid kepada SINDOnews, Selasa (1/2/2022).

Di sisi lain, kata Tony, suara PPP anjlok di Pemilu 2019 karena tidak aspiratif terhadap para pendukungnya. Kala itu, para pendukung PPP menginginkan Prabowo Subianto, sementara PPP mendukung Jokowi. "PPP telah membayarnya dengan risiko kehilangan suara yang cukup besar," ungkap Tony.

Menurutnya, hasil Pemilu 2019 telah menjadi pertimbangan serius bagi PPP untuk memperhatikan, bahkan mengutamakan aspirasi konstituen jika ingin mengambil kembali suaranya yang hilang di Pemilu 2019. "Pilihan PPP ke Anies tidak hanya penting, tetapi harus jika PPP ingin 2024 tetap punya kursi di DPR. Saat ini, para pemilih PPP gandrung ke Anies." (Ainun Najib, Rico Afrido Simanjuntak)

Doa Emak-Emak saat Bertemu Airlangga

Doa Emak-Emak saat Bertemu Airlangga


Momen menarik terjadi saat Airlangga Hartarto melakukan kunjungan kerja di Salatiga, Jawa Tengah, Sabtu (29/1/2022). Ketika waktu makan siang di Soto Rumput Khas Boyolali di Jalan Ahmad Yani, Salatiga, Airlangga dikerubungi emak-emak yang mengajaknya berswafoto.

Selain meminta foto bersama, emak-emak tersebut juga terlihat memegang tangan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian tersebut dari samping. Salah satu emak-emak tersebut adalah Sumiyani (66). Warga Kecamatan Sidomukti, Salatiga ini terlihat antusias saat bertemu Airlangga. Ia bahkan sempat mendoakan Airlangga bisa menjadi presiden selanjutnya.

"Semoga sing dadi Presiden nggeh (jadi Presiden ya) Pak, Lanjutkan Pak Jokowi nggeh. Alhamdulillah bisa ketemu sama Bapak," kata Sumiyani.

Selain itu, Sumiyani juga mendoakan supaya Airlangga diberikan kesehatan agar bisa terus melayani masyarakat. "Semoga Bapak sehat, sekeluarga sehat, panjang umur tambah rezekine," ungkapnya.

Berbeda dengan Sumiyani, emak-emak lainnya yakni Ana Fauziah juga memiliki cerita yang unik. Ana menghampiri Airlangga dan mengatakan, ia memiliki anak yang namanya sama dengan Ketua Umum Partai Golkar tersebut.

"Ada anak saya namanya Airlangga juga Pak, Airlangga Putra, mudah-mudahan anak saya juga bisa jadi seperti Bapak," ujarnya.

Menanggapi antusiasme emak-emak tersebut, Airlangga melayani permintaan ajakan emak-emak yang ingin berfoto bersamanya. Ia pun turut mengamini doa-doa dari emak-emak tersebut.

"Aamiin. Aamiin. Terima kasih ya Ibu. Sing sehat nggeh," ujar Airlangga.

Sebelumnya, Airlangga melakukan operasi pasar di Pasar Raya I Salatiga. Airlangga mengecek semua harga bahan pokok terkhusus minyak goreng yang kini sudah mulai satu harga seharga Rp14.000 per liter. (Mohammad Atik Fajardin)

Kisah Gus Muhaimin dan Dukungan Kiai dari Penjuru Negeri

Kisah Gus Muhaimin dan Dukungan Kiai dari Penjuru Negeri


Mengaku diperintah para kiai untuk maju Pilpres 2024, Muhaimin Iskandar terus mengonsolidasikan kekuatannya. Silaturahmi kepada para kiai pun terus dilakukannya.

Wakil Ketua DPR yang juga Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar memang terlihat percaya diri menyongsong gelaran pilpres mendatang. Menjawab hal itu, pria yang kini akrab disapa Gus Muhaimin ini menyatakan bahwa dirinya diperintah oleh kiai dari berbagai penjuru Tanah Air.

"Kapan hari saya ditanya wartawan kok Pak Muhaimin percaya diri mau mencalonkan diri menjadi Presiden. Saya jawab saya bukan hanya percaya diri, (tapi) saya diperintah oleh kiai-kiai untuk maju menjadi calon presiden dari berbagai penjuru Tanah Air. Ini bukan soal percaya diri, tapi soal perintah," kata Gus Muhaimin dalam keterangan tertulisnya, Jumat (21/1/2022).

Apa yang dikatakan Gus Muhaimin memang bukan semata klaim. Para kiai dan putra kiai (gus) Nahdlatul Ulama (NU) di Jawa Timur memintanya agar bersedia maju sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Permintaan itu disampaikan Wakil Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur KH Salam Shohib di sela peringatan haul salah satu pendiri NU, KH Bisri Syansuri di Pondok Pesantren Mambaul Ma’arif, Denanyar, Jombang, Selasa (1/2/2022) malam.

"Perjuangan di bidang politik ini bukan tugas saya, tapi tugasnya Gus Muhaimin Iskandar maka dari bumi Denanyar ini, dari momentum haulnya Mbah Bisri, saya minta beliau bersedia menjadi calon presiden 2024. Monggo, ini wajib," ujar Gus Salam.

Selain Muhaimin, dalam acara haul tersebut juga hadir Pengasuh Pondok Pesantren Al-Madinah, Gunungpati, Semarang Habib Umar Muthohar, Pengasuh Ponpes Lirboyo yang juga Rais Syuriyah PWNU Jatim KH Muhammad Anwar Manshur, Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar, penceramah KH Anwar Zahid, Gubernur Jatim yang juga Ketua PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa, Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Bu Nyai Munjidah Wahab, Wakil Bupati Pasuruan KH Abdul Mujib Imron, dan Bupati Lumajang Thoriqul Haq.

Menurut Gus Salam, sebagai alumni Pondok Pesantren Ploso, Kediri, dirinya mengingatkan pesan para masyayih NU agar membantu menemani saudaranya yang sedang berjuang di ranah politik. "Pesan para masyayih, temanilah saudaramu karena orang yang tidak punya saudara, bagaikan prajurit ke medan perang tanpa senjata. Maka, jangan sampai Gus Muhaimin Iskandar tidak membawa senjata. Siapa senjatanya? Saya dan sampeyan semua," kata Gus Salam di hadapan para santri, alumni Ponpes Denanyar, dan para kiai yang hadir dalam acara Haul Mbah Bisri Syansuri.

Dia mengatakan, Haul KH Bisri Syansuri adalah momentum yang membawa keberkahan. Karena itu, dirinya mengajak para santri dan penganut ajaran Mbah Bisri Syansuri untuk menyatukan langkah dan barisan dalam membantu perjuangan Gus Muhaimin dalam menghadapi Pilpres 2024. "Kita rapatkan barisan, kita satukan tekad untuk membantu beliau, memberikan restu dan doakan beliau menjadi calon presiden 2024," tegasnya.

Kata Gus Salam, dengan memberikan dukungan kepada Gus Muhaimin, artinya sama dengan melanjutkan perjuangan Mbah Bisri Syansuri di jalur politik.

Dukungan bagi Gus Muhaimin juga datang dari sejumlah relawan yang tergabung dalam Emak-emak Bekasi. Mereka mendeklarasikan dukungan kepada Gus Muhaimin sebagai Calon Presiden 2024.

Koordinator Emak-emak Bekasi Rospiah mengatakan, dukungan itu berdasarkan hasil diskusi yang dilakukan emak-emak di Kabupaten Bekasi. "Kami sepakat nanti Indonesia dipimpin orang yang peduli dan bisa membawa aspirasi kami, termasuk mempunyai semangat juang tinggi dan contoh yang baik. Sosok yang tepat memimpin Indonesia adalah Gus Muhaimin," ujar Rospiah, Sabtu (12/2/2022).

Di sisi lain, Direktur Eksekutif Center for Strategic on Islamic and International Studies (CSIIS) Sholeh Basyari melihat posisi Gus Muhaimin di kalangan NU semakin tergerus sejak kepemimpinan KH Yahya Cholil Staquf. Menurutnya, komitmen Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya menjadikan NU lebih terbuka sangat berpengaruh pada posisi pria yang juga dikenal dengan sapaan Cak Imin terebut.

“Saat ini semua capres dan cawapres sudah melihat NU sebagai potensi untuk mengambil suara, sehingga mereka berlomba-lomba untuk masuk ke pesantren-pesantren, sowan ke kiai-kiai dan berbagai cara lain," kata Basyari, Kamis (10/2/2022).

Menurutnya, ceruk yang besar di NU dapat menarik perhatian bagi para capres dan cawapres, yang otomatis membuat peluang Cak Imin semakin sempit. "Untuk mengonsolidasi lagi kalangan NU, harusnya Cak Imin sowan ke Gus Yahya. Atau ajak ngopi barenglah. Biar nahdliyin melihat antara NU dengan PKB masih ada irisan. Jangan malah menjauh," kata Basyari.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid Tentu mengucapkan terima kasih masukan dan pengamatannya. "Meskipun dari lembaga ecek-ecek, yang minim data dan metodologi bahkan tidak dikenal prestasinya. Itu dangkal banget," kata Jazilul Fawaid kepada SINDOnews, Sabtu (12/2/2022).

Jazilul mengungkapkan, PKB juga punya data hasil penelitian yang menurutnya lebih valid. "Setelah dilakukan survei kepada pengurus PCNU se Indonesia, hasilnya menunjukkan Gus Muhaimin capres dengan tingkat keterpilihan tertinggi," pungkas Jazilul. (Felldy Utama, Suwarno, Sucipto, Carlos Roy Fajarta, Rico Afrido Simanjuntak)
(zik)