Link Copied
Silaturahmi Politisi di Momen Idul Fitri

Silaturahmi Politisi di Momen Idul Fitri

By Dzikry Subhanie
Sejumlah politisi menggelar pertemuan di momen Idul Fitri 1443 Hijriah. Sekadar silaturahmi atau menjajaki koalisi?

Prabowo Temui Megawati, Sandi Kunjungi Elite 2 Parpol Ini

Prabowo Temui Megawati, Sandi Kunjungi Elite 2 Parpol Ini

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat bersilaturahmi dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang didampingi Puan Maharani. Foto/Tangkapan layar IG @puanmaharaniri

Perayaan Idul Fitri 1443 Hijriah terasa istimewa, terutama bagi para kandidat calon presiden (capres) yang digadang bakal meramaikan Pilpres 2024. Mereka aktif memulai pemanasan dengan melakukan silaturahmi politik.

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto misalnya. Sejak hari pertama Idul Fitri, Prabowo mengunjungi para tokoh politik mulai dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Yogyakarta, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di Teuku Umar, Jakarta, hingga menggelar safari di Jawa Timur.

Di kediaman Megawati, kehadiran Prabowo yangjuga Menteri Pertahanan Kabinet Indonesia Maju initurut disambut anak-anak Megawati, yakni Puan Maharani dan Prananda Prabowo, Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto. Ada pula Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan yang dikenal sebagai orang dekat Megawati. Diketahui, Puan kerap disebut bakal menjadi pendamping Prabowo pada Pilpres 2024.

Pada hari kedua Lebaran, Prabowo mengunjungi Kiai Kholil As'ad Pimpinan Pondok Pesantren Walisongo di Situbondo dan Kiai Ahmad Muzaki Syaha Pimpinan Pondok Pesantren Al-Qodiri, Jember, Jawa Timur (Jatim). Menurut Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, Prabowo didoakan menjadi presiden di 2024 oleh kedua kiai tersebut.

"Tadi Pak Prabowo didoakan baik oleh Kiai Kholil dan Kiai Muzaki, mendoakan Pak Prabowo selalu sehat, agar kemampuan serta niat-niat baik beliau bisa dimuluskan untuk menjadi presiden pada Pilpres 2024," kata Muzani dalam keterangannya, Selasa (3/5/2022).

Pada hari yang sama, Prabowo juga bersilaturahmi dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Kedatangan Prabowo disambut langsung oleh Khofifah di lobi Gedung Grahadi, Selasa (3/5/2022).

Pada hari keempat Lebaran, Prabowo bersama rombongan mengunjungi Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Rabu (4/5/2022). Setiba di lokasi Prabowo disambut langsung oleh pimpinan Ponpes Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz atau akrab disapa Gus Kikin.

Kedekatan Prabowo dengan almarhum Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang merupakan bagian keluarga Ponpes Tebuireng juga menjadi sorotan, Prabowo pun mengaku sebagai tukang pijit Gus Dur. "Ya Gus Dur adalah sosok pemimpin yang pandangannya jauh ke depan (visioner). Beliau juga merupakan sahabat dan saya adalah tukang pijet beliau. Dan saya kira kedekatan saya dengan almarhum sangat dekat ya," kata Prabowo.

Tandem Prabowo di Pilpres 2019, Sandiaga Uno juga melakukan hal yang sama. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) itu, mengunjungi petinggi PKS, di antaranya Ketua Majelis Syura PKS Salim Segaf Al Jufri, Wakil Ketua Majelis Syura PKS Sohibul Iman, dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

Dalam kegiatan itu, Sandi ditemani sang istri, Nur Asia Uno. Tak hanya PKS, Sandi juga turut mengunjungi Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan (Zulhas). Dalam ungahan foto bersama Zulhas, Sandi mengatakan bahwa dirinya memanfaatkan betul Lebaran untuk berkunjung kepada para sahabat dan kolega di Jakarta, termasuk ke Zulhas.

"Selanjutnya saya bersilaturahmi ke kediaman Bang @zul.hasan, berbincang ringan, serta sama-sama berdo'a agar pasca pandemi ini ekonomi kita mulai membaik dan bangkit, kesejahteraan bagi masyarakat meningkat seluas-luasnya," cuit Sandi di akun Twitternya, Senin (2/5/2022).

Selain itu, Ketum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin) yang juga didorong sebagai capres 2024 melakukan silaturahmi ke dua kiai di Kediri, Jawa Timur (Jatim) pada hari ketiga Lebara. Cak Imin mengunjungi Kiai Nurul Huda Jazuli di Ponpes Ploso Kediri. Setelahnya, Cak Imin mengunjungi Kiai Anwar Mansur di Ponpes Lirboyo Kediri.

"Alhamdulillah Kyai Nurul Huda Jazuli sehat selalu. Sore ini berkesempatan sowan ke Pondok Pesantren Ploso Kediri," tulis Cak Imin di akun Instagramnya @cakiminow, sambil mengunggah video dirinya mencium tangan Kiai Nurul Huda, dikutip Kamis (5/5/2022).

Sementara, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono ( AHY ) mengunjungi Rumah Dinas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Kompleks Widya Chandra 3, Jakarta Selatan, Sabtu (7/5/2022). Pertemuan antara AHY dengan Airlangga Hartarto yang juga menjabat ketua umum Partai Golkar itu berlangsung tertutup. Kiswondari/Felldy Utama

Kangen-kangenan Zulhas dan Sandi Uno di Hari Lebaran

Kangen-kangenan Zulhas dan Sandi Uno di Hari Lebaran

Sandiaga Salahuddin Uno dan Zulkifli Hasan. Foto/Tangkapan layar Instagram @sandiuno

Sandiaga Salahuddin Uno yang pada Pilpres 2019 menjadi pendamping Prabowo Subianto memanfaatkan momen Lebaran Idul Fitri untuk bertemu dengan pimpinanPartai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN). Dua parpol tersebut merupakan bagian dari pendukung Prabowo-Sandi di Pilpres 2019.

Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi menegaskan bahwa tak ada agenda politik dalam kunjungan Sandiaga Salahuddin Uno ke kediaman Ketum PAN Zulkifli Hasan. Sandi dan Zulhas berteman sejak lama.

"Tidak ada agenda politik. Tapi agenda syawalan bermaaf-maafan," kata Yoga kepada wartawan, Selasa (3/5/2022).

Juru Bicara (Jubir) DPP PAN itu juga menyebut bahwa keduanya merupakan kerabat karib dan sudah berteman lama. Apalagi, dalam dunia politik, keduanya juga pernah dalam satu perahu perjuangan politik di Pilkada DKI 2017 dan Pilpres 2019.

"Mas Sandi dan Bang Zul hanya kangen-kangenan. Karena kesibukan masing-masing, jarang bertemu," ujarnya.

Untuk diketahui, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno terlihat melakukan silaturahmi dengan sejumlah petinggi partai politik saat perayaan hari Lebaran pertama Senin (2/5/2022). Momen itu diunggah dalam akun Instagram pribadinya.

Dalam ungahan foto bersama Zulhas, Sandi mengatakan bahwa dirinya memanfaatkan betul Lebaran untuk berkunjung kepada para sahabat dan kolega di Jakarta, termasuk ke Zulhas.

"Selanjutnya saya bersilaturahmi ke kediaman Bang @zul.hasan, berbincang ringan, serta sama-sama berdoa agar pascapandemi ini ekonomi kita mulai membaik dan bangkit, kesejahteraan bagi masyarakat meningkat seluas-luasnya," tutur Sandi dalam keterangan unggahannya.

Pengamat Politik dari Citra Institute Yusa Farchan berpandangan langkah yang dilakukan Sandi sebagai upaya mengejar dan menguji elektabilitasnya untuk maju Pilpres 2024.

"Soal Sandi, meskipun ia terikat komitmen etik dan struktural Partai Gerindra yang mencapreskan Prabowo, namun Sandi masih bekerja mengejar dan menguji elektabilitasnya," kata Yusa saat dihubungi, Jumat (6/5/2022).

Yusa menambahkan, jika partai-partai melihat elektabilitasnya bagus, maka Sandi pun akan dilirik oleh partai-partai tersebut untuk dicalonkan di Pemilu Presiden (Pilpres) 2024. "Kalau elektabilitasnya bagus, tentu partai-partai akan meliriknya."

Dia juga menyoroti mobilisasi relawan Sandi di berbagai daerah. "Mobilisasi relawan Sandi di berbagai tempat menjadi indikator bahwa Sandi masih ingin fight di 2024, meskipun dengan target cawapres lagi," tandasnya.Felldy Utama, Kiswondari

Prabowo Dahulukan Bertemu Megawati, Elite Gerindra Bilang Begini

Prabowo Dahulukan Bertemu Megawati, Elite Gerindra Bilang Begini

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Foto/Dok SINDO

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto bersilaturahmi dengan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri pada momen Lebaran 2022. Megawati menjadi tokoh yang kedua dalam safari Lebaran Prabowo Subianto.

Tokoh pertama yang dikunjungi Prabowo adalah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Setelah itu Megawati di Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat. Kemudian, Prabowo sowan ke beberapa ulama di Jawa Timur, yakni Pimpinan Pondok Pesantren Walisongo di Situbondo Kiai Kholil As'ad dan Pimpinan Pondok Pesantren Al-Qodiri Jember Kiai Ahmad Muzaki Syaha.

Lalu, Prabowo bersilaturahmi dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Selanjutnya, Prabowo berziarah ke makam Presiden ke-4 Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, serta menemui Anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Luthfi bin Yahya alias Habib Luthfi dan Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Terkait hal itu, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengungkapkan alasan Prabowo menemui Megawati terlebih dahulu ketimbang sejumlah tokoh lainnya. Kata Dasco, Prabowo ingin menghargai Megawati sebagai sosok senior. “Dan selama ini hubungan baik. Sehingga ya dilakukan silaturahmi Lebaran sebelum ke tokoh-tokoh lain, ke Bu Mega dulu," kata Dasco di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (9/5/2022).

Banyak pihak yang mengaitkan kunjungan Menteri Pertahanan (Menhan) ke kediaman Megawati itu dengan penjajakan politik jelang kontestasi Pilpres 2024. Menanggapi hal tersebut, Dasco justru menampiknya.

"Bahwa itu ditafsirkan oleh beberapa pihak melakukan kegiatan politik, saya pikir, untuk pilpres misalnya, itu masih terlalu dini karena yang dilakukan hanya memang halalbihalal dan silaturahmi Idul Fitri," ujarnya.

Hubungan Megawati Soekarnoputri dengan Prabowo Subianto menunjukkan kedekatan. Publik pun mengaitkan hal ini dengan hajatan Pilpres 2024. Apalagi, banyak yang menduetkan Prabowo dengan putri Megawati, Puan Maharani.

"Ya pasti dikaitkan dengan pilpres, kalau cuma silaturahmi biasa kan bisa lewat telepon, video call, beres kan? Pasti ada kaitannya dengan 2024," kata Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno kepada wartawan, dikutip Senin (9/5/2022).

Pengamat politik dari Citra Institute Yusa Farchan mengatakan, sulit dibantah bahwa Prabowo tengah melakukan silaturahmi politik kendati tidak spesifik membahas agenda politik dalam pertemuan-pertemuan tersebut.

"Meskipun tidak membicarakan politik secara khusus, tapi sulit dibantah bahwa Prabowo sedang melakukan silaturrahmi politik," kata Yusa, Kamis (5/5/2022).

Menurut Yusa, Lebaran menjadi momentum strategis bagi Prabowo untuk mencairkan komunikasi politik. Jika sebelumnya Prabowo tampak jarang melalukan safari politik dan lebih memilih fokus bekerja sebagai Menhan, itu karena elektabilitasnya masih berada dalam zona aman, bahkan tertinggi dalam beberapa kali survei. Tapi, Prabowo dan Gerindra tak bisa tinggal diam saat elektabilitas Prabowo disalip sejumlah tokoh, sehingga mereka segera bergegas memanaskan mesin politik.

"Apalagi, capres lain seperti Anies sukses menggelar eksperimentasi politik melalui mobilisasi umat Islam dalam pelaksanaan salat Idul Fitri," ujarnya.

Yusa menambahkan, Prabowo tengah berusaha mengimbangi capres lain terutama Anies Baswedan untuk mendapat panggung dan atensi publik. Sehingga, hal wajar jika Prabowo agresif memanfaatkan momen Lebaran untuk melakukan safari politik.

"Dalam situasi demikian, saya kira wajar kalau Prabowo sangat agresif memanfaatkan momentum Lebaran untuk membangun komunikasi politik." Felldy Utama, Kiswondari
(zik)