Link Copied
Srikandi Indonesia Penguasa Bulu Tangkis Asia

Srikandi Indonesia Penguasa Bulu Tangkis Asia

By Andryanto Wisnuwidodo
Srikandi Indonesia mengukir sejarah menjadi penguasa bulu tangkis beregu Asia untuk pertama kalinya dalam 15 tahun setelah mengalahkan Korea Selatan di final.

Sejarah Penantian 15 Tahun Bulu Tangkis Putri Indonesia

Sejarah Penantian 15 Tahun Bulu Tangkis Putri Indonesia


Tim beregu putri Indonesia membuat sejarah untuk pertama kalinya menjuarai Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu (BATC) 2022. Ini pertama kalinya dalam 15 tahun terakhir, tim bulu tangkis beregu putri Indonesia meraih gelar juara. Gregoria Mariska Tunjung dan kawan-kawan menjadi yang terbaik di BATC 2022 usai mengalahkan tim putri Korea Selatan (Korsel) 3-1 pada final di Setia City Convention Center, Selangor, Malaysia, Minggu (20/2/2022) siang WIB.

Terakhir kali Indonesia merebut gelar juara beregu putri adalah pada 2007. Kala itu, tim putri Indonesia menjadi juara sekaligus merebut medali emas di SEA Games 2007 yang berlangsung di Nakhon Rachasima, Thailand. Setelah itu, tim beregu putri Indonesia selalu gagal merebut trofi juara di berbagai ajang apa pun. Baik di kategori level Asia Tenggara seperti SEA Games terlebih Piala Uber.

Penantian tersebut terjawab oleh Gregoria dan kawan-kawan setelah 15 tahun menunggu. Lebih spesialnya lagi, Indonesia menurunkan banyak pemain muda dalam turnamen ini. Pemain tertua tercatat ada nama tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung yang berusia 22 tahun.

Gregoria membuka kemenangan Indonesia pada laga final usai mengalahkan Sim Yu Jin. Setelah itu, dua poin kemenangan Indonesia lainnya disumbang Putri Kusuma Wardani dan Nita Violina Marwah/Lanny Tria Mayasari. Sementara satu poin yang hilang gagal dipersembahkan oleh Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi.

Sang Saka Merah Putih Berkibar Lagi di Puncak Tertinggi

Sang Saka Merah Putih Berkibar Lagi di Puncak Tertinggi


Bendera Merah Putih kembali berkibar di ajang olahraga internasional. Pasalnya Indonesia berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Korea Selatan di babak final Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu atau Badminton Asia Team Championship (BATC) 2022.

Bendera Indonesia pun berdiri gagah di atas bendera Korea Selatan, Malaysia, dan Jepang. Tak hanya itu, potret haru pun terlihat ketika para pemain Indonesia memberi rasa hormat kepada bendera Indonesia. Sebagaimana diketahui, World Anti Doping Agency (WADA) telah mencabut larangan pengibaran bendera Merah Putih. Dengan demikian atlet Indonesia bisa berdiri diatas podium dengan ditemani bendera Merah Putih.

Sebelumnya pada ajang Thomas Cup 2020, bendera Merah Putih tak bisa berkibar ketika Indonesia meraih gelar juara. Hal tersebut membuat banyak masyarakat Indonesia khususnya merasa kecewa.

Sementara di ajang BATC 2022, menjadi kesempatan perdana untuk Merah Putih kembali berkibar. Hal tersebut seiring dengan keberhasilan Tim Putri menjadi juara di ajang bulu tangkis beregu.

Indonesia berhasil mengalahkan Korea selatan dengan skor 3-1 di babak final, sekaligus menjadi ulangan laga fase grup. Sebelumnya Skuad garuda berhasil meraih kemenangan dramatis 3-2 atas Korea Selatan di babak penyisihan grup.

Kemenangan Indonesia dibuka usai Gregoria Mariska berhasil menang dua set langsung atas Sim Yujin. Sementara kemenangan Skuad Garuda dipastikan melalui Nita Violina Marwah/Lanny Tria Mayasari usah membungkam Kim Min Ji/Park Min Jeong dua set langsung.

Lahirnya Generasi Emas Penerus Tongkat Estafet Susy Susanti

Lahirnya Generasi Emas Penerus Tongkat Estafet Susy Susanti


Generasi emas penerus tongkat estafet Susy Susanti yang bermateri pemain muda mampu menjalankan tugas dengan mencetak sejarah juara Asia. Setelah menunggu 15 tahun lamanya, Gregoria Mariska Tunjung dan kawan-kawan untuk pertama kali menjadi juara Kejuaraan Bulu Tangkis Beregu Asia (BATC) 2022 di Selangor, Malaysia.

Tentu saja, kemenangan Indonesia atas Korea Selatan dengan skor 3-1 di final terasa manis di masa pandemi Covid-19. Srikandi muda Indonesia mampu menjawab keraguan dengan naik ke podium juara.

Tim yang bermaterikan Gregoria Mariska Tunjung, Putri Kusuma Wardani, Stephanie Widjaja, Saifi Rizka Nurhidayah, Bilqis Prasista, Febriana D Kusuma, Amalia Pratiwi, Nita Violina Marwah, Lanny Tria Mayasari, Jesita Putri Miantoro.

Perjalanan tim beregu putri Indonesia di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia Beregu 2022 dilalui dengan prestasi membanggakan tanpa kalah. Semua lawan disikat oleh Gregoria Mariska dkk dari penyisihan grup hingga final.

Di laga pertama penyisihan Grup Z, Indonesia melibas Hong Kong dengan skor 4-1 pada 15 Februari 2022. Keesokan harinya, 16 Februari 2022, Indonesia merebut kemenangan kedua dengan menggilas Kazakshtan tanpa ampun 5-0.

Di laga terakhir Grup Z, Srikandi Merah Putih tampil heroik dengan melibas Korea Selatan dengan skor 3-2 pada 17 Februari 2022. Kemenangan itu membawa Indonesia juara Grup Z.

Indonesia mendapat keuntungan dengan mundurnya Jepang yang menjadi lawan di semifinal pada 19 Februari 2022. Di final, Indonesia kembali menantang Korea Selatan. Hasilnya, Indonesia kembali menang atas Korea Selatan dengan skor 3-1.
(aww)