Reshuffle di Penghujung Kekuasaan

Selasa, 20 Agustus 2024 - 12:47 WIB
Di penghujung masa pemerintahannya Presiden Jokowi kembali melakukan rhesuffle kabinet
Di penghujung masa jabatan Presiden Joko Widodo yang akan berakhir pada kurang lebih sekitar dua bulan lagi, kembali melakukan reshuffle kabinet. Kali ini ada tiga posisi menteri yang dikocok ulang (reshuffle) dan mengangkat satu wakil menteri. Presiden Jokowi juga mengangkat Kepala Badan Gizi, Kepala Badan Komunikasi Kepresidenan, dan Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan. Para pejabat tersebut dilantik di Istana Negara Jakarta pada Senin 19 Agustus 2024.

Reshuffle kali ini merupakan reshuffle ke enam selama masa periode kedua kepemimpinan Presiden Jokowi. Reshuffle terakhir ini mengubah postur kabinet yang didominasi orang dekat Presiden terpilih Prabowo Subianto maupun dari Partai Gerindra.

Para anggota kabinet baru tersebut adalah kader Partai Gerindra Supratman Andi Agtas menjadi Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) menggantikan kader PDIP Yasonna H Laoly.

Rosan Perkasa Roeslani yang dilantik menjadi Menteri Investasi/Kepala BKPM menggantikan Bahlil Lahadalia yang digeser menjadi Menteri ESDM. Rosan Roeslani merupakan Ketua TKN Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024.

Jokowi juga melantik Angga Raka Prabowo sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika (Wamen Kominfo). Angga Raka merupakan politisi Partai Gerindra, yang menjabat sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra. Ia juga pernah menjadi Ketua Bidang Komunikasi dan Direktur Media Kampanye TKN Prabowo-Gibran.
selanjutnya


Berita Terkini More