Tantangan dan Strategi Penyelesaian Konfik di Tanah Papua

Rabu, 23 Februari 2022 - 06:28 WIB
Tantangan dan Strategi Penyelesaian Konfik di Tanah Papua
Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dilaporkan melakukan serangkaian teror penyerangan di Ilaga Kabupaten Puncak, Papua pada Sabtu 19 Februari 2022. Penyerangan dilakukan KKB dengan melakukan penembakan terhadap anggota Kopasgat yang menjaga Bandara Aminggaru dan satu warga sipil.

Tidak hanya itu KKB juga melakukan penembakan terhadap Koramil Ilaga dan melakukan pembakaran terhadap seorang warga sipil serta membakar mess PT MTT

Serangan teror KKB ini dilakukan di tengah upaya pemerintah pusat mengubah strategi penyelesaian konflik di Tanah Papua dengan lebih humanis. Salah satunya dengan mengganti Satgas Nemangkawi dengan Damai Cartenz namun hal ini tak menyurutkan serangan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) atau Organisasi Papua Merdeka (OPM).

"Kami menyayangkan hal seperti bisa terjadi, karena kami TNI-Polri selalu berupaya melaksanakan kegiatan dengan penuh kedamaian. Akan tetapi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) masih saja melakukan aksi kekerasan terhadap TNI-Polri dan masyarakat," ujar Kasatgas Humas Damai Cartenz Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal.
selanjutnya


Berita Terkini More