Kejar Tayang Agar Merah Putih Berkibar di IKN

Jum'at, 26 Juli 2024 - 10:38 WIB
Upacara Bendera Hari Kemerdekaan Indonesia Ke-79 akan Berlangsung di Ibu Kota Nusantara
Sekitar satu bulan sebelum peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79, 17 Agustus 2024, sejumlah pekerjaan pembangunan prasarana di Ibu Kota Nusantara (IKN) masih terus dikebut. Terlihat pengerjaan sejumlah proyek infrastruktur masih belum selesai. Sejak pembangunan IKN dimulai dua tahun yang lalu (2022), Presiden Joko Widodo menginginkan sebelum tugasnya sebagai Presiden berakhir akan menggelar Upacara Bendera 17 Agustus di IKN.

Tahun 2024 ini jadi tahun terakhir periode pemerintahan Jokowi Widodo-Ma’ruf Amin. Artinya Upacara Bendara Peringatan 17 Agustus tahun ini bakal digelar di IKN. Sejumlah persiapan sebenarnya sudah dilakukan sejak setahun yang lalu. Namun tampaknya, belum semua sarana prasarana untuk menggelar upacara yang sakral bagi Bangsa Indonesia ini rampung dikerjakan.

Salah satunya pengerjaan infrastruktur jaringan air minum. Belum tersedianya pasokan air bersih di IKN ini membuat rencana Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkantor di IKN pada Juli 2024 terancam batal. Ketua Satuan Tugas (Satgas) Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Imam Santoso Ernawi, mengatakan pihak Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mempercepat masuknya pasokan air bersih ke IKN. Ini dilakukan demi memuluskan gelaran HUT ke-79 RI di ibu kota baru.

Sementara itu, lokasi utama upacara bendera di IKN adalah kawasan Istana Presiden dan lapangan upacara tepat berada di depan kantor presiden. Pada gelaran upacara bendera tahun ini, kawasan istana negara ditargetkan fungsional, terutama ruang utama di dalamnya. Menurut Imam Santosa, untuk lapangan upacara sudah pasti dapat digunakan dan podiumnya sudah selesai. “Semua sudah berfungsi 100 persen,” katanya.

Lapangan upacara ini berkapasitas maksimal 8.000 orang, namun hingga kini pemerintah belum mengumumkan berapa banyak peserta upacara yang akan hadir di lapangan tersebut. Rencananya selain Presiden Joko Widodo upacara 17 Agsutus di IKN juga akan dihadiri oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto dan tamu undangan lainnya.
selanjutnya


Berita Terkini More