Link Copied
Harga BBM Terus Naik, Motor Listrik Kian Dilirik

Harga BBM Terus Naik, Motor Listrik Kian Dilirik

By wuri hardiastuti
Saat Bahan Bakar Minyak (BBM) harganya terus naik, motor listrik mulai banyak dilirik. Beberapa pabrikan pun makin gencar menggoda pasar dengan berbagai model.

Terus Menggoda Pasar dengan Model Nyentrik

Terus Menggoda Pasar dengan Model Nyentrik

Motor listrik Rakata yang mirip dengan Yamaha NMax. Foto: SINDOnews/Wahyu Sibarani

Keberadaan motor listrik di pasar Indonesia terus mengalami pertumbuhan. Terus naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi salah satu faktor penyebab makin digemarinya motor listrik. Beberapa pabrikan mulai menghadirkan berbagai model motor ramah lingkungan. Dengan kapasitas baterai dan jangkauan jarak yang meningkat, sepeda motor listrik mulai menjadi pilihan banyak pengendara perkotaan.

Distributor motor listrik Davigo Artha adalah salah satu yang cukup agresif menawarkan model motor listrk terbaru. Deretan motor listrik teranyarnya meramaikan Perklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022.

Davigo Artha mencuri perhatian dengan menghadirkan motor listrik harga terjangkau di bawah Rp20 juta. Di ajang tersebut Davigo membawa tiga model sekaligus yakni Davigo Space, Davigo Forza, Davigo Gawa dan Davigo Gawa-S.

Rara, marketing Davigo Artha Luas yang ditemui SINDONEWS.com menyebutkan saat ini seluruh produk motor listrik yang mereka hadirkan dijual di bawah harga Rp20 juta. Davigo Space saat ini dijual di harga Rp18 jutaan sedangkan Davigo Forza, yang mirip dengan Vespa Sprint, dijual di harga Rp16 jutaan.

"Selain itu kami memberikan jaminan atau garansi selama 4 tahun. Tidak hanya untuk baterai tapi juga keseluruhan motor listrik," ujar Rara.

Dia melanjutkan saat ini sistem pengisian baterai untuk Davigo Space dan Davigo Forza masih menggunakan sistem colok. Sebaliknya Davigo Gawa dan Davigo Gawa-S sudah bisa menggunakan metode swap battery atau tukar baterai.

"Motor listrik kami bisa melewati genangan banjir hingga kedalaman satu meter. Jadi tidak perlu khawatir ketika hujan deras atau bertemu genangan," jelasnya.

Untuk baterai Davigo Space dilengkapi dengan baterai berkekuatan 72V 35 Ah graphenne battery. Baterai itu diklaim bisa mencapai jarak 120 kilometer dalam kondisi penuh dan top speed 55 kilometer per jam.

Davigo Forza beda lagi karena dilengkapi baterai 60V 23 Ah Graphenne Battery. Jarak tempuhnya lebih pendek yakni 60 kilometer dan top speed hanya mencapai 50 kilometer per jam.

PT Mobil Anak Bangsa (MAB) milik Jenderal TNI (Purn) Moeldoko kini juga mulai memasuki segmen kendaraan listrik roda dua. Produk terbaru tersebut dipamerkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 yang digelar di JIExpo Kemayoran. Setidaknya ada tiga model motor listrik yang dipamerkan. Antara lain Electro EL02, Electro EL03, dan Electric Sport Motorbike.

Untuk Electro EL02 mengusung desain yang mencotek skuter asal Italia, Vespa. Tampangnya nyaris tidak berbeda dari Vespa Primavera lewat headlamp membulat, dasi yang ikonik, lampu sein minimalis, serta instrumen chrome di spakbor depan.

Electro EL02 dibekali motor listrik 60V 550R 800W dan sistem pendingin liquid cooling motor. Motor yang satu ini memiliki kecepatan maksimal 50km/jam dengan jarak tempuh 60km yang tenaganya bersumber dari baterai lithium 60V24AH.

Sementara untuk Electro EL03, desainnya sangat futuristik. Motor ini terlihat bulky, dengan tampang polos tanpa ada garis tegas. Tampilan depan Electro EL03 minimalis, hanya ada headlamp yang memanjang vertikal.

Electro EL03 mengandalkan motor listrik 72V 1500W dan sudah dilengkapi sistem pendingin liquid cooling motor. Kecepatan maksimalnya 60km/jam dengan jarak tempuh 100km yang tenaganya bersumber dari baterai lithium 72V30AH.

Terakhir, ada Electric Sport Motorbike yang punya desain bertolak belakang dengan dua saudaranya. Bahasa desainnya bisa dibilang mirip dengan Tesla Cybertruck yang didominasi unsur aluminum. Konsepnya adalah motor listrik yang bisa digunakan di medan offroad ringan.

MAB Electric Sport Motorbike dibekali dengan baterai berkapasitas 72V 40AH. Power ratednya 3000W 72V. Motor listrik ini punya top speed 120km/jam dan disebut mampu menempuh jarak 95km dalam satu kali pengecasan penuh.

Tapi perlu diingat bahwa Electro EL02 dan Electro EL03 masih dalam tahap pengenalan. Sementara Electric Sport Motorbike masih sebatas prototipe dan dalam pengembangan. Jadi ketiga motor hanya bisa dipandang, belum bisa diboyong ke rumah.

Tak mau kalah, PT Artas Rakata Indonesia (Rakata Motorcycle) merilis dua motor listrik keren di ajang Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2022, Rakata NX3 dan Rakata NX8. Menariknya motor itu mendapat potongan harga selama pameran.

Dari segi tampilan motor listrik rakitan Rakata yang dilakukan di pabrik Bitung, Tangerang memang tampil beda. Rakata NX8 terlihat sporty dengan desain motor naked bike. Sedikit mirip dengan motor listrik buatan perusahaan Amerika Serikat,Zero ZF.

Beda lagi dengan Rakata NX3 yang mengadopsi desain skutik berukuran besar dari Jepang. Banyak pengunjung PEVS 2022 menyamakan desain Rakata NX3 dengan skutik Yamaha NMax.

"Mengapa kami menghadirkan desain seperti ini? Desain ini dipilih karena memang dari survei yang kami lakukan banyak konsumen menginginkan motor listrik yang tampilannya beda. Seperti naked bike dan skutik berukuran besar," ujar Fitrian Djovani, General Manager Rakata Motorcycle.

Dari segi spesifikasi Rakata NX8 dan Rakata NX8 menawarkan banyak hal menarik. Rakata NX8 dilengkapi dengan dinamo penggerak 2.000 Watt, serta battery pack lithium-ion 72 Volt 50 Ah. Berkat baterai yang cukup besar, dalam kondisi full charge Rakata NX8 mampu menempuh jarak hingga 100 kilometer dengan memiliki kecepatan maksimum 80 kilometer per jam.

Sementara Rakata NX3 dibekali dengan baterai berkapasitas 72 V 26 Ah serta motor penggerak 2.000 watt Brushless Rear Motor. Berbekal spesifikasi itu, jarak tempuhnya mencapai 80 kilometer dan kecepatan maksimum 80 kilometer per jam.

Menariknya kedua motor listrik Rakata itu dijual dengan potongan harga menarik selama pameran PEVS 2022. Potongan yang diberikan mencapai Rp2 juta lebih.

Rakata NX8 dibanderol dengan harga Rp54,75 juta. Namun khusus untuk pameran PEVS 2022, motor tersebut akan mendapat potongan harga menjadi Rp52,25 juta.

Begitu juga dengan Rakata NX3 yang semula dijual Rp41,1 juta menjadi Rp39,1 juta selama dibeli di PEVS 2022. Selain itu Rakata juga akan memberikan promo khusus untuk 50 pemesan pertama. Promo tersebut berupa bonus eksklusif potongan harga menarik dan masih banyak lagi.

"Seluruh motor listrik Rakata dirakit di Bitung, Tangerang dan kami juga memberikan garansi selama 2 tahun," uja Fitrian Djovani.

Keren! 3 Motor Listrik Ini Mirip Yamaha NMax, Tertarik?

Keren! 3 Motor Listrik Ini Mirip Yamaha NMax, Tertarik?

Motor Listrik Smoot Tempur. Foto: SINDOnews

Desain motor listrik yang ada kebanyakan saat ini memang bisa dibilang generik. Biasanya masyarakat akan menemukan motor-motor listrik dengan bentuk yang kompak dan unik. Ada juga bentuknya yang mirip Vespa dan ini jadi model yang paling banyak ditemui.

Tapi jangan salah, ada juga yang berani tampil beda karena mengambil desain yang lebih berani. Misalnya mengikuti desain skutik yang popular di Indonesia Yamaha NMax.

Nyatanya banyak sekali masyarakat yang memang suka dengan desain motor listrik yang mirip-mirip Yamaha NMax. Selain memberikan presensi yang kuat, desain tersebut juga membuat pemiliknya terasa lebih berkelas.

"Mengapa kami menghadirkan desain seperti ini? Desain ini dipilih karena memang dari survei yang kami lakukan banyak konsumen menginginkan motor listrik yang tampilannya beda. Seperti naked bike dan skutik berukuran besar," ujar Fitrian Djovani, General Manager Rakata Motorcycle.

Nah, berikut ini beberapa motor listrik yang memang desainnya sedikit mirip dengan Yamaha NMax dan cermati juga harganya:

1. Rakata NX3

Rakata NX3 diluncurkan di ajang Periklindo Electric Vehicle Show 2022 (PEVS). Motor listrik buatan Rakata Motorcycle itu langsung mencuri perhatian karena bentuknya yang mirip-mirip Yamaha NMax.

Rakata NX3 dibekali dengan baterai berkapasitas 72 V 26 Ah serta motor penggerak 2.000 watt Brushless Rear Motor. Berbekal spesifikasi itu, jarak tempuhnya mencapai 80 kilometer dan kecepatan maksimum 80 kilometer per jam.

Rakata NX3 semula dijual Rp41,1 juta menjadi Rp39,1 juta selama dibeli di PEVS 2022. Selain itu Rakata juga akan memberikan promo khusus untuk 50 pemesan pertama. Promo tersebut berupa bonus eksklusif potongan harga menarik dan masih banyak lagi.

2. United T1800

United T1800 sudah cukup lama menjajaki pasar motor listrik di Indonesia. Motor itu pertama kali meluncur resmi pada Desember 2020.

Motor listrik itu memiliki teknologi baterai yang canggih buatan BOSCH. Baterai tersebut memiliki kekuatan baterai 60 V 28 Ah.

Jika baterai ini terisi penuh United T1800 diklaim mampu melaju sejauh 60 kilometer dengan ketentuan motor bergerakdengan kecepatan rata-rata 50-60 kilometer per jam. Namun United mengklaim kecepatan maksimalnya bisa mencapai 70 kilometer per jam di mode Turbo. Ya, motor ini punya empat mode yakni Speed 1, Speed 2, Speed 3 dan Turbo.

Harganya cukup menarik karena United T1800 dijual di angka Rp28,5 juta.

3. Smoot Tempur

Smoot Tempur merupakan motor listrik yang cukup banyak ditemukan di jalan saat ini. Desain yang mirip-mirip Yamaha NMax dan harga yang kompetitif membuatnya disukai masyarakat.

Motor listrik itu didukung oleh baterai berkapasitas 64 V 22,5 Ah. Baterai ini disebutkan mampu menempuh jarak hingga 70 kilometer dalam sekali pengecasan penuh.

Top speed diklaim mencapai 60 kilometer per jam. Jadi cukup ideal untuk perjalanan di dalam kota. Saat ini harga Smoot Tempur dijual di angka Rp16,5 juta.

Ini 5 Kelebihan Motor Listrik, Yuk Kenali dan Pahami!

Ini 5 Kelebihan Motor Listrik, Yuk Kenali dan Pahami!

Pengunjung melakukan test ride motor listrik saat PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2022 di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (22/7/2022). Foto/Dok SINDOnews

Harga BBM yang terus naik membuat kendaraan listrik, termasuk motor listrik menjadi pilihan alternatif. Beberapa pabrikan pun mulai gencar mengisi pasar dengan berbagai model motor listrik. Nah bagi Anda yang ingin membeli motor listriksebaiknya mengetahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan motor ini.

Sedikitnya ada lima kelebihan motor listrik yang perlu diketahui. Seiring perkembangan teknologi , mulai muncul kendaraan-kendaraan canggih yang ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi berkepanjangan.

Jika dicermati, tingkat polusi di beberapa kota besar cukup tinggi. Dalam berbagai dampak buruknya, salah satu efek yang sudah terbukti adalah menurunnya kualitas udara di sekitar wilayah tersebut.

Baca juga : Motor Listrik BL-SEV01 Resmi Diperkenalkan

Dalam hal ini, berbagai alternatif dicoba untuk mengurangi tingkat polusi. Dari penggunaan alat transportasi umum, uji emisi kendaraan, hingga penggunaan kendaraan yang ramah lingkungan, termasuk motor listrik.

Secara umum, kendaraan listrik ini ditujukan sebagai alternatif kendaraan di masa depan yang ramah lingkungan. Motor listrik memiliki berbagai kelebihan jika dibandingkan dengan motor konvensional berbahan bakar bensin.

Berikut beberapa kelebihan penggunaan motor listrik yang perlu diketahui seperti dilansir dari berbagai sumber :

1. Ramah Lingkungan

Berbeda dengan motor biasa, motor listrik tidak menghasilkan emisi gas yang bisa mencemari kualitas udara di sekitarnya. Hal ini dikarenakan kendaraan listrik ini menggunakan energi dari baterai. Sehingga, tidak ada asap knalpot yang menambah kadar karbondioksida di udara.

2. Pengisian Bahan Bakar

Selain mengurangi emisi karbon, motor listrik juga bisa menghemat pengeluaran bahan bakar kendaraan. Hal inilah yang ditekankan oleh Menteri ESDM Arifin Tasrif. Menurutnya, penggunaan motor listrik bisa menekan pengeluaran biaya bahan bakar masyarakat.

Sebagai contoh, semisal harga BBM 2 liter adalah Rp24.000. Maka, dengan penggunaan motor listrik masyarakat hanya perlu merogoh kocek seperempatnya saja atau sekitar Rp6.000. Otomatis, pengendara memiliki sisa uang yang bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

3. Suara Mesin Motor Lebih Halus

Kelebihan motor listrik yang berikutnya adalah suara mesinnya lebih halus. Dalam hal ini, suara mesin menjadi salah satu poin lebih dari kendaraan ramah lingkungan. Alasannya karena motor listrik tidak memiliki proses internal sehingga tidak terjadi kebisingan seperti motor konvensional.

Pada beberapa kondisi, hal ini cukup berguna bagi pengemudi. Contohnya, ketika melewati gang perumahan sempit, pengendara tidak perlu mematikan mesin motornya karena takut mengganggu kenyamanan orang disekitarnya.

4. Perawatan Mudah

Sebagian mungkin mengira bahwa perawatan kendaraan listrik ini sulit dan membutuhkan biaya besar. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena faktanya perawatan motor listrik lebih mudah. Terlebih, jumlah komponen motor listrik juga lebih sedikit jika dibandingkan komponen motor konvensional.

5. Akselerasi Lebih Optimal

Selain lebih efisien, motor listrik memiliki akselerasi yang lebih baik dari motor konvensional. Motor listrik bisa memberikan torsi penuh secara langsung, sehingga bisa menyaingi motor berbahan bakar minyak. Bedanya, meski memiliki tenaga yang kuat, namun motor listrik memiliki konsumsi energi yang rendah.

Motor Listrik untuk Penyuka Petualangan dan Pencinta Kecepatan

Motor Listrik untuk Penyuka Petualangan dan Pencinta Kecepatan

SMOKED GARAGE cocok untuk mereka yang suka petualangan dan kecepatan. Foto/Dok SINDOnews

Motor listrik NIU berkolaborasi dengan SMOKED GARAGE menghadirkan dua motor listrik baru yang menyasar konsumen adventure dan pencinta kecepatan. Kedua motor listrik itu, NIU GOVA-03 C.Racer dan NIU GOVA-03 Adventure resmi dirilis di ajang Periklindo Electric Vehicle Show 2022 (PEVS) baru-baru ini.

PT Utomo International, agen pemegang merek NIU di Indonesia mengatakan SMOKED GARAGE diajak berkolaborasi karena menjadi bengkel modifikasi yang paling baik saat ini.

"Kami bekerjasama dengan SMOKED GARAGE k membuat NIU GOVA-03 dengan desain khusus sesuai selera pasar anak muda sekarang. Muncullah gaya C.Racer dan Adventure ini, kedua desainnya dibuat hanya 100 unit serta akan dipasarkan secara global,” ujar Denny Utomo, CEO Utomocorp.

Sementara Nicko Eigert dari SMOKED GARAGE mengungkapkan, dengan berkembangnya teknologi maka selaku pelaku bisnis di industri otomotif harus dapat berkembang sesuai dengan pergerakannya. Sebagai salah satu cara mengespresikan kreativitasnya adalah proyek kolaborasi antara NIU dengan SMOKED GARAGE.

“Dengan adanya kolaborasi ini SMOKEDGARAGEdan NIU hadir untuk menampilkan bentuk baru motor listrik tanpa menghilangkan unsur kustomisasi. Dengan adanya era elektrifikasi tentu banyak sekali inovasi dan desain baru yang memenuhi jajaran industri otomotif,” terang Nicko Eigert.

Diketahui NIU GOVA-03 C.Racer menonjolkan gaya racing yang kental untuk menunjukkan sosok skuter listrik yang siap diajak berakselerasi melalui desain setang, jok, serta ban. Sementara NIU GOVA-03 Adventure mendeskripsikan NIU sebagai skuter listrik yang tangguh untuk digunakan berpetualang dan mengekspresikan gaya hidup penggunanya.

"Yang paling berbeda dari NIU yang ada saat ini, selain kustomisasi, adalah ground clearance kedua motor listrik ini yang jauh lebih tinggi. Begitu juga dengan posisi duduk yang sekarang lebih ideal," jelas Nicko Eigert.

PT Utomo International memang akan menjual masing-masing kedua tipe motor listrik NIU kustom itu 100 unit. Kedua unit ini dijual dengan harga Rp 39,9 Juta untuk tipe C.Racer dan Rp 43 juta untuk Adventure. Direncanakan pengiriman motor listrik NIU yang telah dimodifikasi oleh SMOKED GARAGE itu akan dilakukan September 2022.

"Saya yakin 200 unit motor listrik ini akan terjual seluruhnya selama pameran PEVS 2022," ucap Denny Utomo.
(wur)