Teror Senjata Nuklir Taktis Rusia di Belarusia

Selasa, 20 Juni 2023 - 18:33 WIB
Menegaskan peringatannya ke negara-negara Barat, Rusia membuktikan janjinya menempatkan senjata nuklir taktis di Belarusia. Foto/Ilustrasi/KCNA-Reuters
Foto/Reuters

Pengerahan senjata nuklir Rusia ke Belarusia ditanggapi sebagai ancaman nyata oleh Amerika Serikat (AS) dan sekutunya. Presiden AS Joe Biden menegaskan bahwa ancaman Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menggunakan senjata nuklir taktis adalah nyata.

Pernyataan ini dikeluarkan Biden beberapa hari setelah dirinya mengecam pengerahan senjata nuklir taktis Rusia di Belarusia. Pada hari Sabtu, Biden menyebut pengumuman Putin bahwa Rusia telah mengerahkan senjata nuklir taktis pertamanya ke Belarusia sama sekali tidak bertanggung jawab.

"Ketika saya berada di sini sekitar dua tahun lalu mengatakan saya khawatir sungai Colorado mengering, semua orang memandang saya seperti saya gila," kata Biden kepada sekelompok donor di California. "Mereka menatap saya seperti ketika saya mengatakan saya khawatir Putin menggunakan senjata nuklir taktis. Itu nyata," ujar Biden seperti dikutip dari Reuters, Selasa (20/6/2023).

Hadirnya senjata nuklir di negara sekutu Rusia itu dibenarkan Presiden Belarusia Alexander Lukashenko. Dia mengatakan, pekan lalu negaranya telah mulai menerima pengiriman senjata nuklir taktis Rusia, beberapa di antaranya disebutkan tiga kali lebih kuat daripada bom atom yang dijatuhkan AS di Hiroshima dan Nagasaki pada tahun 1945.
selanjutnya


Berita Terkini More